Monday, 6 May 2019

2 Pilihan Sajian Sehat dan Sederhana Mengawali Buka Puasa

Seluruh umat muslim di dunia tidak terkecuali di Indonesia menyambut bulan puasa dengan bahagia. Di Indonesia sendiri, waktu menunaikan ibadah puasa dalam sehari berlangsung selama sekitar 14 jam lamanya. Selain menahan hawa nafsu, menahan lapar apalagi dahaga selama berjam-jam tentu tidaklah mudah sehingga kemungkinan mengalami dehidrasi bisa saja dialami setiap orang yang sedang berpuasa. Oleh karena itu, menu hidangan berbuka puasa harus diperhatikan dengan nutrisi yang tepat.

Namun, jangan terburu-buru menyantap setiap hidangan yang ada saat berbuka puasa, ya. Walaupun semua makanan maupun minuman jadi terlihat sangat menggiurkan setelah seharian berpuasa, alangkan baiknya menyantapnya secara perlahan dan tidak berlebihan sehingga asupan pola hidup sehat serta diet seimbang tetap dapat kamu perhatikan. 

Berikut ini adalah 2 sajian nikmat dan sehat yang dapat kamu hidangkan dengan mudah untuk berbuka puasa di rumah : 

1. Tajil Buah  
Tajil merupakan sajian ringan yang dimakan setelah dibuka dengan minum air hangat. Biasanya memang sangat sering menjadi hidangan di setiap berbuka puasa untuk mengembalikan energi yang hilang selama seharian penuh. Buah-buahan, kolak atau kurma bisa menjadi pilihan yang tepat karena rasa manisnya yang alami. 

Bahkan ada sunnah yang menyatakan, Rasulullah SAW yang menyantap kurma sebelum berangkat shalat Magrib. Jika tidak ada kurma muda maka dengan kurma matang. Jika tidak ada kurma matang maka beliau minum beberapa teguk air (HR. Abu Daud).

Tajil buah sendiri bisa dikreaksikan dan dibuat dengan menu yang bervariasi setiap harinya sesuai buah yang ada atau kamu beli saat itu. Misalnya, sup buah naga merah, kolak pisang, kolak biji salak, sup buah kelapa nangka atau lebih dikenal dengan es campur, kolang-kaling, dan lain sebagainya.   

2. Salad Sayur
Lambung beristirahat selama berpuasa sehingga ukurannya mengecil dan enzim pencernaan di dalamnya juga berkurang. Oleh karenanya, sangat diperlukan sajian sehat yang mudah dicerna seperti sayuran-sayuran hijau yang penyajiannya bisa berupa salad sayur.

Sayuran yang sudah dicuci bersih seperti selada, wortel, tomat, paprika, jagung, dan kentang yang banyak mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin, dan zat besi, setelah digoreng atau direbus sesuai selera serta kemudian diletakkan pada suatu wadah. Selanjutnya tambahkan potongan sosis dan telur orek secukupnya jika diinginkan, tuangkan saos mayonaise manis atau asin dan juga taburan keju iris atau bubuk.

Salad sayur 

Nah, dari 2 pilihan menu makanan yang sehat dan sederhana tersebut di atas, kira-kira yang mana yang bakal kamu pilih untuk mengawali buka puasa di hari pertama ini ?. Jika kamu termasuk pribadi yang sibuk bekerja dan sulit untuk menyiapkan bahan-bahan pembuatan kedua menu ini, jangan khawatir karena mudah sekali loh mendapatkan hidangan yang siap dimakan ini dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kamu melakukan ngabuburit keliling lokasimu saat ini, biasanya mendadak ada banyak sekali orang yang berjualan menu hidangan menjelang berbuka puasa. 

Oh iyaaa, tapi hati-hati loh jangan kalap mata saat ngabuburit sampai-sampai semua hidangan yang  terlihat dan dijual malah kamu beli semuanya tanpa memikirkan kesanggupan kamu menyantapnya saat berbuka nanti. Ingat ya, berbuka puasalah dengan wajar dan secukupnya. Jadi, kamu pilih menu yang mana untuk hidangan berbuka di puasa hari pertamamu ? 


Foto : Koleksi Google (fitnessinternettraining.com)



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...