Thursday, 30 May 2019

8 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Waktu Selama Ramadhan

Mungkin bagi sebagian umat muslim akan kebingungan bagaimana mengisi waktu luang di luar dari kegiatan sehari-hari saat bulan Ramadhan. Terlebih lagi bagi para pelajar atau mahasiswa ketika jam pelajaran telah usai, kebosanan serta badan yang lemas pasti akan lebih terasa jika tidak melakukan kegiatan selama berpuasa.

Nah, selama berpuasa agar tidak terkesan malas-malasan dan badan terlihat lemas, banyak loh kegiatan-kegiatan positif dan mendatangkan pahala berlimpah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sebelum tiba waktunya berbuka puasa. 

Berikut ini adalah beberapa kegiatan seru yang biasa aku lakukan sehari-hari selama bulan Ramadhan dan tentunya bisa juga kamu coba lakukan. Mari disimak ya.

1. Membaca Buku 
Membaca buku saat ini peminatnya semakin bertambah karena banyaknya karya-karya anak bangsa maupun mancanegara yang cukup menarik dan bermanfaat di beberapa media. Dengan meningkatkan kesadaran pentingnya membaca buku sebagai jendela dunia, maka kegiatan ini pun bisa kamu lakukan untuk menambah ilmu sekaligus mengisi waktu luangmu saat Ramadhan. Ragam bacaannya bisa disesuaikan dengan apa yang kamu sukai, bisa tentang keagamaan, teknologi, fashion, misteri, budaya, ekonomi, dan sebagainya. Kamu juga bisa loh berbagi ilmu dengan membacakan buku cerita ke anak atau keponakanmu di rumah.

Sempatkan Membaca Buku di Sela-sela Kegiatan

2. Menonton Film
Kamu bisa menonton film dengan memilih tontonan yang menarik atau lebih baik lagi yang mendatangkan manfaat. Kegiatan ini akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga atau teman-teman yang datang berkunjung ke rumah.

Silahturahmi dan Menonton Film Bersama.


3. Mengikuti Kajian Islam
Selama bulan Ramadhan, banyak sekali komunitas yang menggelar kajian-kajian Islam misalnya menyelenggarakan Tausiyah, Tilawah, dan kegiatan lain semacamnya. Kamu bisa mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ini dengan tujuan mengisi waktu luang sekaligus memperoleh ilmu agama serta amal ibadah. 
Mengikuti Khotmul Quran.

4. Melukis dan Mewarnai
Kegiatan menggambar atau melukis dan juga mewarnai akan membuat suasana Ramadhan semakin ceria karena kegiatan ini selain fun juga dapat meningkatkan kreativitas. Melukis dan mewarnai bisa kamu lakukan secara perorangan atau bersama-sama dengan anggota keluarga atau teman-teman. Hasil lukisan dan mewarnainya nanti bisa dipajang di meja belajar atau di dinding ruangan.

Melakukan Hobi Menggambar.

5. Silahturahmi dan Berkegiatan Sosial
Kamu bisa loh berkunjung ke rumah saudara atau teman-temanmu sekaligus bersilahturahmi selama bulan Ramadhan. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan cara belajar membuat menu takjil bersama atau sekedar saling tukar pendapat membicarakan rencana kegiatan-kegiatan sosial. Sembari silahturahmi sekaligus bisa dijadikan sebagai ajang mengumpulkan kebutuhan pokok atau alat tulis yang nantinya bisa dibagi-bagikan saat berkunjung ke yayasan atau panti asuhan.

6. Membuat Suatu Karya
Jika kamu menyukai menulis, Ramadhan juga bisa menjadi kesempatanmu untuk berkarya yang nantinya hasil tulisanmu bisa dicetak dan dijadikan sebuah buku. Jika kamu menyenangi kegiatan fotografi, mungkin kamu bisa mencari objek foto dan menyusun hasil-hasil fotomu ke dalam sebuah portfolio yang mungkin bisa kamu ikutsertakan dalam sebuah perlombaan. Masih banyak lagi karya-karya yang bisa kamu lakukan sesuai keahlianmu misalnya menjahit, berkebun, kaligrafi, dan lain sebagainya yang dapat memberikan semangat selama menunggu waktu berbuka puasa.

7. Olahraga
Olahraga juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Sekedar jalan-jalan santai keliling taman, berenang, bermain bulu tangkis, atau berolahraga ringan lainnya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi tubuhmu agar tetap fit selama berpuasa. Perhatikan agar olahraganya tidak berlebihan agar badanmu tetap terhidrasi dan terjaga stamina namun tidak lemas atau bahkan malah berakhir batal puasanya.

Jalan-jalan Sore.

Aktivitas Berenang di Bulan Ramadhan.

8. Menyiapkan Hidangan Buka Puasa
Berbuka puasa bersama merupakan agenda rutin selama bulan Ramadhan. Kamu bisa buka puasa bersama keluarga atau teman-teman di rumah maupun luar rumah. Jika kamu memutuskan untuk buka puasa bersama di rumah, kegiatan menyiapkan menu makanan dan minuman berbuka juga lumayan seru dilakukan untuk mengisi waktumu selama Ramadhan. 

Semoga ke-8 kegiatan seru yang biasa aku lakukan di atas bermanfaat ya, agar bisa kamu lakukan juga selama bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk mengisi kegiatan yang mendatangkan amal ibadah dan keberkahan. So, saling mengingatkan ya.




2 comments:

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...