Thursday, 9 May 2019

Belanja Hemat dan Praktis di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan di tahun 2019 ini tanpa terasa telah tiba. Suasana yang dirindukan seluruh umat muslim seperti sahur, kegiatan berbuka puasa, dan silahturahmi pun mulai terlihat. Walaupun bulan puasa dianggap sebagai bulan penuh keberkahan, ada pula yang berpendapat hal ini disebabkan oleh pengeluaran yang kemungkinan akan berkurang karena belanja untuk makan maupun minum tidak akan sebanyak biasanya seperti saat sedang tidak berpuasa. Tapi justru sebaliknya, harga-harga kebutuhan pokok pada bulan Ramadhan biasanya jadi semakin meningkat sehingga kita bisa jadi malah lebih boros bila tidak pintar dalam mengatur daftar belanja. Contohnya, terlanjur kalap saat membeli  menu hidangan untuk sahur atau berbuka puasa, atau terlalu berlebihan dalam mempersiapkan perlengkapan saat lebaran nantinya. 

Berikut ini adalah tips-tips agar belanja tetap hemat dan praktis yang bisa kamu tiru agar tidak terlalu memusingkan dalam mengatur pengeluaran di bulan Ramadhan sehingga tetap khusyuk saat berpuasa.

1. Persiapkan Bahan Makanan Selama Bulan Puasa
Jika kamu termasuk pribadi yang suka masak menu makanan sendiri di rumah, ada baiknya kamu mempersiapkan daftar belanja secara langsung untuk sebulan penuh. Catat daftar masakan apa yang rencananya akan kamu sajikan dan juga perkiraan berapa banyak porsi yang harus disiapkan agar nantinya belanja bahan makanan tetap bisa disesuaikan dengan anggaran yang tersedia sehingga tidak perlu melakukan belanja berulang kali.

2. Kurangi Sifat Konsumtif  
Sudah lumrah jika di bulan Ramadhan malah bisa membuat kita cenderung kalap mata terutama untuk membeli makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Biasanya kita akan lebih memiliki keinginan untuk membeli dan menyantap semua makanan dan minuman yang tampak lezat setelah seharian berpuasa. Demi mengatasi pengeluaran yang membengkak, sebaiknya beli dan konsumsilah makanan dan minuman secukupnya saja. Selain itu juga agar pencernaan tetap dalam kondisi baik dan prima. Kurangi konsumsi yang bersifat adiktif seperti kafein atau rokok, namun perbanyak minum air mineral agar tubuh lebih lama terhidrasi selama bulan puasa.

Kalender Big Ramadhan Sale Shopee

3. Manfaatkan Program Diskon 
Biasanya saat menjelang Ramadhan, banyak bermunculan program diskon untuk segala kebutuhan pokok. Tentunya kita harus pintar dalam memanfaatkan kesempatan yang tersedia ini. Memang ada banyak sekali yang perlu dipersiapkan seperti bahan makanan untuk menu sahur atau berbuka puasa, perkakas dapur, perlengkapan mudik, peralatan sholat, busana muslim, vitamin, susu, dan lain sebagainya. Namun demikian, zaman sekarang kita tidak perlu ribet lagi harus pergi keluar rumah padahal ada seabrek kegiatan keagamaan atau pekerjaan baik di rumah atau di dalam rumah, karena semua belanja keperluanmu sudah bisa dilakukan secara online yaitu melalui situs atau aplikasi Shopee.

Big Ramadhan Sale di Shopee 


Jika kamu sering memanfaatkan belanja praktis melalui Shopee, di bulan Ramadhan ini Shopee memiliki program "Big Ramadhan Sale" loh, bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan yakni sejak tanggal 22 April sampai 31 Mei 2019 nanti. Makanya, jika kamu sudah mengetahui rahasia bahwa harga-harga kebutuhan pokok akan meningkat di bulan Ramadhan, manfaatkanlah belanja dari jauh-jauh hari karena tema kebutuhan di setiap kalender diskonnya berbeda-beda dan pastikan yang akan kamu belanjakan adalah kebutuhan prioritasmu.

4. Belanja Perlengkapan Keluarga Setelah Menunaikan Zakat dan Sedekah 
Tips terakhir dan yang terpenting di bulan penuh berkah dan ampunan ini adalah kamu harus sudah menyiapkan dana zakat dan sedekah sebelum Ramadhan tiba. Seluruh umat muslim di bulan ini pastinya akan berlomba-lomba dalam berbagi kebagian kepada orang-orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, jangan sampai niat puasa menjadi tidak berkah serta ibadah yang tidak tenang akibat tidak adanya anggaran untuk berbagi untuk mereka. 

Setelah kamu menyisihkan anggaran untuk berzakat dan sedekah, barulah kamu bisa mempersiapkan keperluan keluarga dan memanfaatkan "Big Ramadhan Sale" di Shopee. Oh iya, jangan lupa untuk cek stoknya terlebih dahulu di rumahmu ya keperluan mana saja yang perlu dibeli. Apakah itu cukup untuk kebutuhan anak saja seperti popok, susu formula, vitamin, atau mainan. Dan bisa pula perlengkapan muslim untuk seluruh keluarga seperti pakaian, hijab, mukena, sarung, peci, dan sebagainya. 

Lalu, apakah kamu berencana untuk mudik? Kamu juga perlu cek stok barang apa yang nantinya perlu dibelanjakan untuk keperluan perjalanan saat mudik. Setelah seluruh daftar keperluanmu sudah dicek, jangan khawatir jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk belanja ke toko atau supermarket karena semuanya bisa langsung kamu beli di Shopee juga.

Metode Pembayaran Shopee


Jelajahi dan belanjalah di Shopee kapanpun kamu mau dan kamu bisa. Selain karena lengkap, sistem pembayarannya pun sangat mudah dan efisien karena disediakan beberapa pilihan metode pembayaran mulai dari COD, bank transfer, kartu kredit, Indomaret, Alfamart, Kredivo, Akulaku, OneKlik, maupun ShopeePay yakni fitur layanan dompet dan uang elektronik untuk pembayaran atau menampung pengembalian dana transaksi. Adapun yang menarik lainnya adalah fitur reward koin, gratis ongkir baik dengan atau tanpa minimum pembelian, promo, cashback dan juga voucher yang bisa kamu dapatkan jika kamu cek situs atau aplikasi Shopee sesering mungkin. Opsi pengiriman barang belanjaanmu juga bisa dengan ekspedisi pilihanmu karena banyak pula yang telah bekerja sama dengan Shopee sehingga sangat terjamin keamanannya.

Program dan Promo dari Shopee

Nah, ke-4 tips tersebut di atas semoga bisa menjadikan kegiatan belanja kamu di bulan Ramadhan menjadi lebih hemat, mudah, dan praktis berkat adanya Shopee. Sayang sekali loh jika kamu melewatkan "Big Ramadhan Sale" yang sedang marak saat ini.  

Yuk, mulai manfaatkan belanja di Shopee dari sekarang!.


(Tulisan ini diikutsertakan pada kompetisi blog tahap ke-2 #THRBigRamadhanSale yang diselenggarakan oleh Shopee)


Foto : Koleksi Shopee

3 comments:

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...