Monday, 17 May 2010

Tips Sukses Belajar Bahasa Asing



Halooooooooo!! Kali ini gw pengen nih nulis blog yang bukan cerita, kisah pribadi, tips kesehatan, melainkan tips belajar bahasa asing d(^_^)b.

Berhubung gw kuliah jurusan bahasa, jadi gw mau sedikit berbagi tips yang berguna buat lo semua yang pengen cepet bisa berbahasa asing (minimal pasif laaah) hehehe.... Jadi sebagai berikut penjabarannya :
  1. Senangi dulu bahasa asing yang pengen lo kuasai,
  2. Belajar kepada yang ahli, native, guru, kalo perlu (dan kalo ada dana) coba deh les di tempat yang sudah terbukti keunggulannya supaya lo bisa cepet meraih sukses keahlian bahasa asing yang lo minati tersebut,
  3. Kalo sudah dapet basic-nya, sering-sering deh nonton film berbahasa asing tersebut tanpa ada subtitle. Lo jadi berusaha untuk memahami kalimat yang diucapin si pemeran film itu. Kalo ada yang ga ngerti kan bisa di-play back, cari tau lagi kalimat yang kurang jelas dengan cara bertanya sama yang lebih paham, atau kalo tetep ga ngerti tapi kekeh pengen cari tau sendiri, baru deh set subtitle atau cari di kamus,
  4. Bagi kalian yang hobi dengerin musik, cara ampuh belajar bahasa asing juga bisa dilakukan dengan cara melatih pendengaran kita terhadap bahasa asing tersebut. Jadi, selain kita bisa menikmati mendengarkan musik yang kita sukai, juga bisa tuh sering mendengar bahasa asing yang pengen kita kuasai itu,
  5. Jangan malu melatih ucapan juga. Bahasa itu cepat dikuasai kalo kita juga terbiasa dengan pelafalannya. So, kalo dengerin musik yang berbahasa asing, gak ada salahnya jika kita ikut bernyanyi. Salah melafalkannya pun gak apa-apa yang penting lidah kita gak kaku dan kita pun telah mengerti arti atau tema lagu tersebut (dan jangan lupa tetap  kembali membuka kamus bila ada kata yang ga lo pahami dan bikin lo penasaran),
  6. Berusaha untuk ngobrol sama teman-teman yang pintar bahasa asing tersebut. Kalo perlu bantuin 'bule' yang cari alamat juga lumayan, kok. Salah pun gak apa-apa, namanya juga belajaaaaaaaar!!. Hehehe...,
  7. Kalo punya hobi menulis, sekali-sekali selipin kalimat bahasa asing di tulisan lo itu.
Nah, baru itu aja sih tips sukses belajar bahasa asing. Semoga bermanfaat bagi kita semua (dan gw sendiri pastinya hehehe). Jaa, minna san ganbarimashooou.

Friday, 7 May 2010

Semakin Bisa Karena Terbiasa


Naik busway...

Penuh...

Ngantri...

Menunggu lama...

Berdesakan...

Dilanjutkan berjalan kaki...

Semua ku lakukan beberapa hari terakhir dahn hampir mencapai setengah bulan...

Sebelumnya kupikir akan terasa berat karena jarang kulakukan 5 tahun terakhir...

Tapi...

Sekarang...

Setelah terbiasa...

Ku pun mulai menikmatinya...

Pemandangan kota di pagi hari ketika menuju kantor...

ku lihat lalu-lalang kendaraan yang terhenti karena macet...

Anak jalanan yang tiduran di pinggir jalan...

Sungguh pilu kurasakan susahnya bila melakukan kehidupan sehari-hari seperti ini...

Kemudian pemandangan kota di malam hari...

Indahnya monas dengan kilauan emasnya...

Mesjid Istiqlal yang kokoh...

Gedung-gedung perkantoran dengan gemerlap lampu yang terang-benderang...

Selain itu, kulihat juga orang-orang yang pulang kerja dengan langkah gontai dan letih...

Walaupun demikian...

Beginilah memang hidup di ibukota...

Penuh perjuangan agar bisa bertahan hidup memenuhi nafkah kehidupan sehari-hari...

Tak ada yang mudah...

Tapi bila dilakukan dengan sungguh-sungguh...

Hal seperti itu pastilah akan dikesampingkan...

Ku hanya dapat berdoa...

Semoga semua dapat berjalan lancar...

Aman terkendali...

Sehingga semoga semua orang bisa menikmati hari-harinya dengan penuh warna...

Ceria...

Bahagia...

Selalu...

(^_______^)b




Tuesday, 27 April 2010

Prihatin Karena Rokok

Gw mau berbagi pengalaman atau suatu hal yang bisa bikin keseeeeeel banget ketika gw melakukan perjalanan menuju kantor. Ketika gw sedang menaiki angkutan umum, di kursi di bagian depan mobil atau lebih tepatnya di sebelah Pak supir angkutan umum, duduklah seorang anak dengan seragam sekolah SMP. Tiba-tiba ada asap menepul di sekelilingnya. Agak heran dan mulai bertanya dalam hati, "apakah asap mobil mengitarinya?". Gw yang duduk di bagian belakang angkutan umum itu mulai penasaran untuk mencari tau. Untunglah saat itu penumpangnya masih sepi sehingga gw bisa mencari posisi duduk yang memungkinkan gw itu melihat kepulan asap itu. Dan ternyataaaaaaaaaa, anak SMP itu sedang asik MEROKOK...!!!.

Alamak, santai banget dia merokok dengan seragam sekolah yang dikenakannya itu. Entahlah, mungkin hal ini memang sudah menjadi hal wajar, tapi bagi gw hal yang dilakukan anak itu bukanlah tindakan terpelajar!. Maka yang patut disalahkan atas tindakan pelajar SMP itu adalah lingkungan yang membesarkannya. Seharusnya anak itu mendapat larangan sedari dini karena merokok selain dapat membahayakan diri sendiri (perokok aktif), bahkan MALAH sangat membahayakan yang ada di sekitar si perokok (pasif). HArusnya diperbanyak penyuluhan ke sekolah-sekolah tentang bahaya rokok bila sudah mengkonsumsinya sedari kecil bahkan dalm jangka waktu yang sangat lama atau sampai usia dewasa/tua. Selain itu, pihak orang tua juga perlu memberi tindakan yang tegas serta memberikan contoh yang baik untuk menjaga kesehatan dari bahaya rokok.


Begitulah kiranya rasa prihatin gw tentang kejadian yang gw saksikan di angkutan umum mengenai pelajar SMP yang merokok dengan santainya. Semoga kejadian ini bisa diberantas supaya mereka lebih peduli dengan kesehatan dan bahayanya merokok.

Thursday, 22 April 2010

Suara Riang Anak-anak Menenangkan

Berangkaaaaaaaaaaaaaaat......

Cukup pagi di hari ini, Kamis, 22 April 2010, gw siap-siap menuju stasiun kereta api Jatinegara.

Rencana ke rumah kakak menengok kedua keponakan yang cantik dan lucu pun terlaksana jua.

Setelah 2 bulan gw sibuk kesana-kemari demi memperoleh pekerjaan.

Test dan interview yang memusingkan membuatku sangat jenuh.

Namun, setelah akhirnya ku diterima di salah satu perusahaan Tour & Travel, ku memutuskan untuk santai sejenak.

Sesampainya ku di kediaman kakak, kedua keponakanku itu mulai memanggilku...

"Tante Qnoooooy", begitu panggilanku.

Dantika dan Dantiki, uuh, sungguh gemas hingga ingin sekali mencubit pipi chubby mereka yang mirip pipi ku ini (hehehe...).

Perasaan tegang dan gundah 2 bulan sebelum ini pun mulai hanyut perlahan-lahan.

Mereka berdua sungguh lucu dan akrab satu sama lainnya.

Semoga setelah nantinya ku mulai bekerja, bisa merasakan serunya bersama kedua keponakanku ini dan melupakan rasa lelah.

Sehat selalu, ya, Dantika dan Dantiki..

Muah...


Friday, 12 March 2010

Liburan Seru di Yogyakarta

Setelah aku lulus kuliah pada akhir tahun 2009 dan sekarang sedang memulai aktifitas baru, yaitu mencari pekerjaan!, menjadikanku benar-benar merasa kehilangan menikmati liburan di daerah Yogyakarta sebagai kota tempatku kuliah. Hal ini karena setelah lulus kuliah, aku kembali ke kota asalku (Jakarta) sehingga sedikit sekali aku bisa menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman (ya iyalaaaah, secara mereka semua, baik teman sekolah atau teman kuliah, ada yang sibuk mencari karir seperti diriku, sibuk cari jodoh yang juga seperti diriku hehehe.., dan sibuk menghabiskan waktu keluarga bagi yang sudah menikah ^^;).

Oleh karena itu, aku mau sedikit bernostalgia tentang bagaimana salah satu liburanku bersama teman-teman yang menyebutkan diri kami (pastinya termasuk aku kan? hehehe..) sebagai oni-sama. Kami semua senang sekali jika bisa menghabiskan waktu bersama, apa lagi kami adalah salah satu kelompok pertemanan yang sama-sama movie-freak...!!. Jangan heran kalau tiba-tiba kami menceritakan bagaimana kegilaan kami menonton di bioskop dari siang menjelang malam berturut-turut dalam satu hari!. Ups, tapi bukan masalah menonton film yang akan aku bahas, melainkan bagaimana indahnya liburan untuk menikmati keindahan pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta.


Banyak pantai indah di Yogyakarta yang tak akan terlupakan (menurutku, loh..!). Contoh pantai yang pernah aku kunjungi di Yogyakarta adalah Pantai Baron dan Kukup. Di sini, selain pasirnya putih, lautan yang biru dengan desiran ombak, disertai angin yang sepoi-sepoi (tergantung cuaca, sih ^^;), ternyata rumah makan yang ada juga benar-benar menyajikan makanan enak dan murah meriah. Tak heran jika tempat wisata ini banyak menjadi tujuan liburan bagi turis asing maupun mahasiswa yang banyak bertebaran di Yogyakarta.


Jika ada yang berencana liburan ke Yogyakarta, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi salah satu pantainya karena dijamin kalian tidak akan rugi. Apalagi jika ada yang merasa jalan-jalan santai keliling malioboro sudah kalian anggap biasa dan membosankan (karena terlalu seringnya kesana ;p). Memang untuk menuju ke pantainya membutuhkan waktu yang cukup lama dan menjenuhkan (agak ke desa gitu, deh), tetapi setibanya di sana tangan pasti sibuk jepret sana jepret sini saking narsisnya untuk gak mau ketinggalan untuk memiliki kenangan di tempat terindah di pantai, Yogyakarta.


Oh ya, biaya tiket masuk juga murah banget kok untuk perorangan termasuk biaya parkirnya. So, wanna try to get vacation on there?? just hurrrrrrry..... hahaha.....






















Kangen Makan Nasi Kucing Tak Harus ke Yogyakarta atau Solo Lagi, Loh!

Sejarah Nasi Kucing Apakah di antara kalian ada yang belum pernah makan nasi kucing? Nasi kucing adalah makanan berupa nasi lauk yang pad...