Sunday, 12 May 2019

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami

Aku paling sebal jika kulitku mendadak berjerawat terlebih lagi jenis kulitku berminyak dan memang mudah sekali timbul jerawat. Selain karena faktor hormonal, jika aku tidak merawat kulitku dengan baik maka bisa saja besoknya langsung timbul 1-2 jerawat sekaligus.

Untuk mengatasi timbulnya jerawat baik itu jerawat kecil atau besar, akan lebih baik jika kamu segera mengatasinya sebelum jerawatnya lebih parah atau mengalami peradangan. Caranya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami contohnya dengan mengenakan masker.

Sebelum aku informasikan beberapa masker alami yang biasa aku gunakan untuk mengatasi masalah jerawatku, ada baiknya kamu mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan jerawat muncul ke permukaan kulit : 

  • Kurangnya asupan makanan sehat contohnya seperti seringnya makan junk food, minum minuman bersoda, seringnya makanan dan minuman manis tanpa memenuhi menu 4 sehat 5 sempurna,
  • Tidak mencukupi kebutuhan air mineral sehari-hari, 
  • Penyakit pikiran alias stress, 
  • Tidak membersihkan kulit wajah dengan baik dan benar, 
  • Hormonal seperti haid, karena hormon wanita akan berubah saat sedang haid dan sebagian wanita kemungkinan akan mengalami masalah timbul jerawat.  

So, agar kulitmu tidak terlalu sering timbul jerawat, akan lebih baik jika kamu memperhatikan dan memperbaiki faktor-faktor penyebabnya terlebih dahulu dengan cara melakukan pola hidup sehat. Sedangkan jika memang karena hormonal, tentu saja jerawat bisa saja muncul sesuai siklus haid setiap bulannya dan kemungkinan tidak dapat kita hindari. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa masker alami andalanku untuk mengatasi jerawat yang sudah terlanjur timbul  :

1. Bubuk atau Masker Spirulina
Spirulina adalah tumbuhan mikro ganggang yang berwarna biru kehijauan dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi anemia, bubuk spirulina ternyata juga memiliki fungsi untuk perawatan tubuh sehingga dapat dijadikan masker wajah. 

Dengan bahannya yang alami serta kandungannya yang aku ketahui seperti beta karotin, zat besi , klorofil, karotenoid serta vitamin B kompleks, maka baik untuk mengembalikan kelembaban kulit sekaligus mengobati jerawat agar cepat kering. Bentuk spirulina yang bubuk bisa kamu campurkan dengan air secukupnya lalu oleskan ke seluruh wajah, tunggu sampai kering. Dengan pemakaian masker yang benar diharapkan wajah dapat kembali segar berseri dan awet muda.

Spirulina Mask

2. Jelly Gamat
Merujuk situs dari doktersehat.com, gamat yang bisa aku informasikan yakni sejenis hewan laut yang sering disebut dengan timun laut atau teripang laut yang memiliki kandungan aktif di dalam tubuhnya. Beberapa kandungan di antaranya adalah asam amino, lektin, mineral, omega 3,6,9, protein, serta yang terbanyaknya adalah kolagen. 

Gamat atau teripang ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan seperti mampu menstabilkan emosi, mengurangi rasa sakit, mencegah inflamasi, mempercepat penyembuhan luka sebanyak 3 kali, memelihara sirkulasi darah serta meningkatkan kecantikan.

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari gamat, aku pun memanfaatkan gamat yang sudah dijual umum berupa jelly baik itu dengan cara dikonsumsi maupun digunakan sebagai masker. Pemakaian jelly gamat ini walaupun dikatakan aman dan bisa diminum atau digunakan sebagai masker, tapi kamu harus tetap menyesuaikan cara pemakaiannya dengan benar untuk meminimalisir kemungkinan adanya efek samping. Bentuknya yang seperti jelly dan rasanya yang agak tawar dan tidak terlalu amis memungkinkan kamu akan menyukai sensasi dinginnya setelah diminum atau saat dikenakan sebagai  masker apalagi manfaatnya dikatakan cukup berlimpah.

Jelly Gamat, selain bisa dikonsumsi juga bisa dijadikan masker wajah.

3. Masker Kunyit dan Vitamin C
Kamu  tidak perlu heran jika kunyit yang biasanya dijadikan sebagai bahan masakan ternyata bisa dimanfaatkan untuk kecantikan juga. Kandungan curcumin yang memberi warna kuning pada kunyit diketahui mengandung anti-aging, antioksidan, dan anti-inflamasi yang baik digunakan sebagai antiseptik. 

Oleh karena itu, aku sesekali memanfaatkan masker kunyit yang dilengkapi dengan vitamin C yang gunanya untuk menghilangkan jerawat sekaligus dapat mencerahkan dan menghilangkan noda-noda bekas jerawatnya.

Turmeric Mask + Vit.C Face Mask

Begitulah tips alamiku saat harus berjuang mengatasi jerawat yang timbul, yakni dengan cara menggunakan masker wajah dengan rutin. Kamu bisa gunakan masker tersebut di atas secara bergantian atau bisa juga dipilih salah satunya disesuaikan dengan tingkat kecocokkanmu. Masker wajah dapat digunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dengan durasi 10-15 menit saja untuk sekali pemakaian kemudian bilas dengan air bersih.  

Selamat mencoba ya.





  • No comments:

    Post a comment

    Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

    Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...