Saturday, 25 May 2019

5 Tips Dasar Dalam Melatih Anak Kecil Berpuasa

Anak kecil yang belum mengalami masa puber memang belum diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Namun tidak ada salahnya jika orang tua sudah mengajari anaknya bagaimana cara dan ketentuan berpuasa sedari dini karena mengajari anak kecil khususnya dalam hal berpuasa itu menurutku agak susah-susah gampang. Hal ini juga bisa dilihat dari kondisi mereka yang masih labil, jadi bisa dibilang ada rasa bosan, gampang menyerah, maupun bisa juga tampak antusias pada awalnya. 

Lalu bagaimana cara melatih anak kecil agar tetap semangat berpuasa selama bulan Ramadhan ? Berikut tips-tips dasar yang bisa aku rekomendasikan. Simak yuk. 

1. Berikan Contoh 
Yang pertama adalah jangan lupa memberikan anak kecil tersebut contoh terlebih dahulu. Akan lebih mudah jika contohnya langsung dilakukan selama bulan Ramadhan sehingga kamu bisa memperlihatkan mengapa kamu tidak makan atau minum sekaligus memberikan informasi dasar mengenai apa itu puasa, apa saja manfaatnya, alasan mengapa kita perlu berpuasa, dan sebagainya. Dengan begitu, selain anak kecil tersebut mendapat pengetahuan mengenai puasa tapi juga langsung dapat menerapkan puasa bersama-sama secara perlahan.

2. Berpuasa Dengan Durasi Bukannya Memaksa Puasa Penuh
Sebagai permulaan, kamu tidak perlu memaksa anak kecil berpuasa seharian atau penuh hingga adzan magrib apalagi anak kecil masih memerlukan asupan nutrisi yang banyak di masa pertumbuhan. Cukup berikan durasi waktu berapa lama kira-kira anak tersebut tahan tidak makan atau minum, mulai dari 2 jam saja, setengah hari saja, hingga akhirnya semakin ditingkatkan durasinya tergantung kesanggupannya.

3. Berpuasa Makanan Tertentu Saja
Kebanyakan anak kecil akan sulit berpuasa jika makanan atau minuman itu adalah favoritnya. Misalnya saja jika makanan favoritnya adalah roti isi atau coklat, maka ajarkanlah berpuasa tidak makan roti isi atau coklat selama bulan Ramadhan. Cara demikian juga efektif untuk mengajarkan anak kecil bagaimana cara menghargai makanan. 

4. Ikutsertakan Anak Dalam Kegiatan Ramadhan
Ajaklah anak saat kamu sedang sahur serta berikan menu makanan kesukaannya sehingga puasanya akan dijalankan dengan semangat karena saat sahur telah disuguhkan hidangan kesukaan mereka. Kemudian pada sore harinya, kamu juga bisa mengajaknya membuat takjil atau ngabuburit agar suasana puasa cukup erat di benak mereka.

Ajak Anak Ngabuburit atau Persiapan Berbuka Puasa

5. Jangan Lupa Beri Penghargaan Ketika Sukses Berpuasa
Melatih berpuasa kepada anak kecil memang sangat penting namun jangan lupa berikan apresiasimu bahwa mereka telah sukses menunaikan puasanya. Entah itu puasanya hanya beberapa jam saja atau setengah hari, namun dengan diberikan penghargaan berupa pujian atau malah berupa barang, tentu saja dapat memotivasi mereka agar terus dapat semangat berpuasa di hari-hari selanjutnya.

Nah, itulah 5 tips dasar yang bisa kamu praktekkan dalam melatih anak kecil berpuasa. Jika saat ini kamu belum memiliki anak, bisa juga loh dilakukan dengan keponakan. Lumayan kan, kamu sekalian bisa latihan sebelum akhirnya nanti menjadi orang tua. 

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.

  


No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...