Wednesday, 15 May 2019

Cara Tepat Menggunakan Panci Presto

Panci presto adalah alat masak yang sangat cocok dan diperlukan apalagi bagi hampir semua wanita karir yang sangat sibuk. Alat masak ini sangat cepat, praktis, dan serbaguna sehingga cukup efisien dalam menghemat waktu memasak di dapur. 

Awalnya panci presto ini lebih cocok digunakan oleh kalangan pengusaha saja, tapi dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai kegiatan memasak akhirnya alat masak ini pun meluas di berbagai kalangan baik itu ibu rumah tangga, wanita karir, atau bahkan bagi semua yang baru mulai belajar memasak.

Panci Presto

Alasan mengapa memasak dengan panci presto lebih cepat dan efisien adalah karena dengan menggunakan panci ini maka bahan masakan seperti daging atau ikan menjadi mudah lunak bahkan sampai ke tulang atau durinya serta bumbunya yang dapat meresap dengan cepat. 

Meskipun demikian, mungkin masih ada yang tidak mengetahui cara tepat menggunakan panci presto bahkan khawatir apabila pancinya malah mengalami kerusakan. Nah, berikut adalah beberapa uraian bagimana cara yang tepat menggunakan panci presto. 

1. Cek Kondisi Panci Presto Sebelum Digunakan 
Sebelum mulai memasak, cek kondisi panci dalam keadaan bersih karena jika masih ada kotoran kemungkinan akan menghambat tutup pancinya menutup dengan maksimal sehingga dapat mengurangi tekanan saat memasak. Selain itu, pastikan karet tutup pancinya tidak dalam keadaan rusak atau rapuh. Jika mendapati karetnya rusak, segeralah menggantinya dengan ukuran yang cocok.

2. Isi Daging dan Air ke dalam Panci Presto
Setelah kondisi panci sudah dicek dalam keadaan baik, masukkan daging yang telah dibumbui lalu air dengan jumlah yang ideal atau secukupnya saja ke dalam panci. Mengisi panci yang tidak terlalu penuh dimaksud agar tekanan di dalamnya tidak berkurang dan daging dapat cepat matang. Selain itu, pengisian panci yang tidak terlalu penuh juga mengurangi resiko panci presto cepat rusak.

3. Kecilkan Api Ketika Panci Presto Mulai Berbunyi
Ciri khas panci presto adalah adanya bunyi nyaring atau mendesis jika tekanan uap sudah meninggi. Saat panci sudah berbunyi, sebaiknya segera kecilkan api demi menghemat gas juga agar masakan dagingnya matang secara merata dan lunak. 

5. Fokus Saat Masakan di dalam Panci Presto Mulai Matang  
Memasak dengan menggunakan panci presto sama sekali tidak boleh ditinggalkan. Walaupun kelihatannya sepele, tapi jika berlaku demikian bisa saja masakannya malah menjadi terlalu lembek. Diperhatikan pula agar air di dalamnya tidak habis sehingga masakan tidak gosong atau bahkan panci mengalami kerusakan. Jika masakan dirasa sudah matang, matikan apinya kemudian diamkan.

6. Penting! Jangan Membuka Tutup Panci Presto Sebelum Sisa Tekanan Keluar
Jangan membuka panci saat tekanan di dalam masih belum selesai dilepaskan karena uap panas akan sangat berbahaya jika menyembur keluar. Jauhkan panci dari sumber panas, diamkan dan biarkan panci mengalami pelepasan tekanan secara alami sekitar 10-20 menit sampai terjadinya proses pendinginan.

Nah, setelah mengetahui cara tepat menggunakan panci presto yang sudah diuraikan di atas, sekarang kamu sudah bisa memanfaatkannya agar masakan daging dan ikan lebih cepat lunak. Untuk lebih amannya, pastikan selalu mengikuti aturan pakai sesuai brosur manual yang biasanya tersedia saat kamu melakukan pembelian panci presto tersebut. 



Foto : Koleksi Blibli.com

No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...