Friday, 24 May 2019

7 Aplikasi Android Wajib Install di Bulan Ramadhan

Setiap bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia pasti sangat membutuhkan bantuan aplikasi mengingat akan lebih banyak kesibukan dalam melakukan kegiatan ibadah demi mengejar pahala yang berlipat ganda. Kegiatan di bulan Ramadhan layak disambut dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari bahkan sebelum memasuki bulan penuh berkah ini.

Dengan kemudahan dan seringnya beraktivitas dengan memanfaatkan gadget saat ini, aplikasi yang menunjang kegiatan di bulan Ramadhan pun semakin banyak diciptakan apalagi rata-rata selain memang keren namun diunduhnya juga gratis.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi Android yang aku rekomendasikan untuk kegiatan sehari-hari dan beberapanya juga demi menunjang kegiatanmu di bulan Ramadhan.

1. Aplikasi Alarm
Alarm sangat perlu kamu manfaatkan di bulan Ramadhan ini agar nantinya tidak pernah telah bangun untuk sahur. Aplikasi alarm yang kamu pilih bisa apa saja, tinggal kamu setting ke waktu sahur. Alarm melalui aplikasi lebih mudah daripada alarm dari jam weker. Alarm dari aplikasi kamu cukup menggeser tombol pada layar untuk mematikannya apalagi kamu bisa mengaturnya agar dapat mengeluarkan suara alarm berkali-kali sebelum akhirnya kamu benar-benar bangun.

2. Aplikasi Chatting
Aplikasi chatting sebenarnya tidak hanya penting di bulan Ramadhan saja mengingat kegiatan sehari-hari membutuhkan komunikasi secara simpel, misalnya WhatsApp, LINE Messenger, Telegram, dan lain sebagainya. Namun, jangan heran jika di bulan Ramadhan intensitas chatting kamu akan lebih banyak terutama di sejumlah grup akibat adanya tawaran atau ajakan buka puasa bersama.

3. Media Sosial
Di era sekarang sepertinya pemakaian media sosial tetap menjadi pilihan banyak orang karena manfaatnya juga beraneka ragam misalnya sebagai hiburan, bisnis, bahkan ajang komunikasi komunitas tertentu terutama di bulan Ramadhan ini karena kemungkinan banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan untuk menambah kegiatan yang mendatangkan pahala. Media sosial yang aku manfaatkan biasanya Instagram maupun Twitter.  

4. YouTube
Berhubung aku terbiasa mendengarkan musik sebelum tidur, terkadang aku akan memanfaatkan membuka aplikasi YouTube. Aku juga terkadang menonton klip-klip terbaru tentang Ramadhan di berbagai negara atau sekedar mencari resep membuat takjil.

5. Muslim Pro
Aku sangat membutuhkan aplikasi Muslim Pro ini sebagai pengingat waktu adzan, salah satu yang terpenting adalah adzan magrib karena biasanya saat itu aku masih dalam perjalanan pulang ke rumah atau ngabuburit sehingga kurasa patut memilikinya demi menyegerakan berbuka puasa. Oiya, ada menu seperti zikir dan bacaan Al Quran juga di dalamnya yang cukup mudah dibuka.

6. Marketplace 
Berhubung belanja sekarang ini juga bisa melalui media online, makanya aku tidak mau ketinggalan berburu diskon Ramadhan di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Kebutuhan di bulan puasa hingga lebaran biasanya cukup banyak, makanya kamu harus cukup pintar memilih barang-barang diskon. Biasanya di beberapa marketplace, selain ada diskon khusus juga ada program seperti gratis ongkos kirim maupun bagi-bagi cashback. Makanya jangan sampai lewatkan kesempatan ini namun tetap pastikan untuk membeli barang seperlunya saja agar kamu tidak boros.

7. Ojek Online
Aplikasi yang tidak mungkin tidak ada di handphone milikku adalah ojek online atau sering disebut 'ojol' seperti Grab maupun Gojek. Alasannya jelas karena memudahkanku dalam bepergian terutama di saat-saat sibuk dan penuh kemacetan. Selain itu, banyak pula menu lainnya tidak hanya transportasi saja seperti menu pesan makanan berbuka puasa, kirim paket, dan sebagainya yang bahkan juga ada promo-promo bulan Ramadhan.

Unduh Aplikasi Android

Nah, itu dia ragam aplikasi yang wajib kamu install jika menggunakan handphone Android yang berguna untuk keseharianmu juga selama bulan Ramadhan. Kamu bisa mengunduh ke-7 aplikasi yang telah aku rekomendasikan tersebut di atas dengan sangat mudah melalui Play Store.

Semoga bermanfaat ya.



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...