Tuesday, 28 May 2019

Tips Bijak Saat Belanja Baju Lebaran

Belanja baju baru memang bukan suatu kewajiban dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun demikian, masih ada saja beberapa orang di Indonesia yang mengungkapkan kurang lengkap jika Lebaran tidak memakai baju baru. Maka tak heran pada penjual khususnya baju-baju muslim banyak yang memanfaatkan kesempatan ini demi meningkatkan omzet penjualan di bulan Ramadhan menuju hari raya Idul Fitri.

Memang wajar jika Lebaran identik dengan hal-hal yang serba baru salah satunya adalah baju, baik itu dibeli untuk diri sendiri, anak, orang tua, atau orang terkasih lainnya. Alasan berbelanja baju Lebaran pun beranekaragam, misalnya karena ingin tampil beda, lebih terlihat rapi, atau memberikan kesan baru daripada hari-hari biasanya. 

Belanja Baju Lebaran (Foto: https://www.visitmonaco.com/en/7534/shopping)

Jika kamu memang merasa perlu membeli baju baru untuk merayakan hari Lebaran, alangkah baiknya tetap dilakukan secara bijak agar tidak menyebabkan pemborosan anggaran. So, berikut ini beberapa tips berbelanja baju Lebaran yang perlu kamu ketahui.

1. Manfaatkan Momen Lebaran 
Jika kamu termasuk pribadi yang merasa sayang jika baju lamamu nantinya banyak yang tidak terpakai, kamu bisa loh manfaatkan momen Lebaran ini untuk membeli baju baru bukannya di bulan-bulan biasanya. Jadi, manfaatkanlah waktu membeli baju barumu di bulan Ramadhan saja sedangkan selebihnya atau di luar bulan Ramadhan tidak perlu lagi membeli baju kecuali jika memang sangat dibutuhkan.

2. Fokus Pencarian Model Baju
Terkadang kita tergiur dengan model baju kekinian, ingin bergaya ini atau itu tanpa menyadari bahwa tidak semua model baju bisa cocok dikenakan terutama di hari Lebaran. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengecek terlebih dahulu baju model apa yang sesuai dengan gaya atau penampilan kamu nanti dengan nuansa Lebaran. Pastikan juga model bajunya belum kamu miliki sebelumnya atau jauh dari kemiripin dengan baju lama di dalam lemari bajumu agar tidak terkesan dobel beli.

3. Pertimbangkan Harga
Jangan mentang-mentang Tunjangan Hari Raya atau THR telah turun lantas membuatmu memprioritaskan pemakaiannya untuk berbelanja baju Lebaran secara habis-habisan ya. Sebaiknya kamu tetap mempertimbangkan harga yang pantas untuk membeli baju Lebaran. Buatlah agenda pengeluaran terlebih dahulu sehingga kamu bisa mengetahui berapa budget yang tersedia untuk membeli baju Lebaran. Jika kamu sudah memilih baju berkualitas namun juga mempertimbangkan harganya yang murah meriah, tentu kamu bisa memaksimalkan budget yang tersedia dengan membeli sejumlah baju baru yang bisa dinikmati oleh kamu sendiri, orang tua, dan orang terkasih lainnya di hari Lebaran. Jadinya kamu malah bisa sekalian berbagi baju-baju baru.

4. Promo Ramadhan 
Untukmu yang suka berbelanja secara offline ke pusat-pusat perbelanjaan atau mall, jangan lewatkan kesempatan berbelanja saat midnight sale yang biasanya diadakan pada bulan Ramadhan. Begitu pula jika kamu suka berbelanja secara online di beberapa marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan masih banyak lainnya, karena biasanya akan ada banyak sekali gebyar Ramadhan baik itu berupa diskon, gratis ongkos kirim, cashback, dan lain sebagainya. Tapi kamu harus hati-hati dan jangan tergiur dengan harga-harga yang lebih murah dari biasanya ya, tetap prioritaskan keperluanmu dan membeli baju sesuai budget yang tersedia. 

Bagaimana nih tips bijak berbelanja baju Lebaran tersebut di atas, kira-kira cukup bermanfaat tidak ?. Atau kamu berpendapat untuk tetap mengenakan baju lama saja saat merayakan hari Lebaran nanti ?. Apapun pilihanmu semoga hari Lebarannya tetap bermakna ya. 


No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...