Monday, 1 July 2019

Bingung Tidak Ada Kegiatan di Rumah ? Coba Ikut Workshop Saja, Bisa Untuk Pemula, loh!.

Siapa bilang ikutan workshop harus yang sudah memiliki keahlian ? Padahal workshop itu diselenggarakan tidak hanya untuk orang-orang yang sudah ahli saja melainkan pemula pun juga bisa mengikutinya. So, jangan khawatir untuk mendaftarkan diri pada workshop yang ingin kamu ikuti karena banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh nantinya. Tapi, sebenarnya apa sih workshop itu dan apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan ?. Berikut pembahasannya. 

Definisi Workshop dan Keuntungannya
Jadi, sesuai informasi yang aku peroleh dari situs resmi glints, ternyata workshop berbeda dengan seminar. Seminar biasanya kalian sebagai peserta hanya datang menghadirinya kemudian menjadi pendengar saja, sedangkan workshop atau kelas pelatihan lebih bersifat komunikasi dua arah sehingga melibatkan para pesertanya untuk tetap aktif.

Bentuk workshop juga beranekaragam, ada yang berupa praktik atau latihan secara langsung misalnya melukis, merangkai bunga, merajut, payet, dan seni kerajinan tangan lainnya, maupun workshop yang berupa diskusi secara intens misalnya pembahasan media digital sebagai sarana pemasaran. 

Kemudian, apa saja keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mengikuti workshop ?. Berikut ada 8 keuntungan yang bisa kamu peroleh setelah mengikutinya :

1. Mengisi Waktu Luang
Agar akhir pekanmu diisi dengan kegiatan yang berguna, akan lebih baik jika kamu coba mengikuti workshop. Workshop biasanya dihadiri oleh sejumlah kecil peserta sehingga kegiatannya lebih terasa menyenangkan dan seru apalagi sekaligus bisa untuk mengisi waktu luangmu daripada hanya buang-buang waktu diam di rumah saja.

2. Menambah Wawasan
Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, pada dasarnya dalam mengikuti workshop ternyata bisa dihadiri oleh pemula. Oleh karena itu, workshop sangat berguna untuk menambah ilmu atau wawasan sesuai bidang atau materi yang dibahas sehingga yang tadinya kamu merasa belum ahli malah bisa menjadi lebih ahli setelah mengikuti workshop tersebut.

3. Ajang Tukar Pikiran 
Dengan terbatasnya jumlah peserta workshop, yaitu rata-rata tidak lebih dari 15 peserta, maka kamu juga bisa menjadikannya sebagai ajang sharing pendapat yang mungkin mampu mengubah pola pikirmu. Kamu bisa memperoleh informasi penting dari masing-masing peserta terutama yang menyangkut materi workshop yang sedang berlangsung.  

4. Menambah Networking
Workshop biasanya dihadiri oleh peserta di segala usia serta beragam daerah asal. Selain itu, latar pekerjaan peserta juga bisa berbeda-beda misalnya ibu rumah tangga, mahasiswa, murid sekolah, maupun pegawai di salah satu perusahaan. Dengan memiliki hobi yang sama sesuai dengan materi workshop yang kamu ikuti, maka workshop pun seringkali dijadikan sebagai ajang untuk menambah teman. 

5. Bertemu Para Pakar di Bidangnya
Jika kamu menyukai salah satu bidang pekerjaan biasanya kamu juga akan memiliki pakar yang kamu idolakan. Jika demikian, jangan heran ya jika suatu saat pakar yang kamu idolakan akan hadir di salah satu workshop dimana kamu sebagai salah satu pesertanya.

6. Mempelajari Bidang Baru
Buat kamu yang terbiasa melakukan hal-hal yang bukan keahlianmu, workshop juga bisa loh dijadikan sebagai penambah bidang baru atau kegiatan yang selama ini tidak pernah kamu coba selama ini. Nah, siapa  yang bisa prediksi dengan mencoba ikuti workshop malah bisa mendatangkan hobi dan keahlian baru yang sama sekali tidak terpikirkan olehmu sebelumnya.

7. Menambah Ilmu dan Keahlian 
Dengan mengikuti workshop maka kamu juga berkesempatan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa kamu memiliki ilmu atau keahlian seputar topik yang dibahas. Walaupun tidak serupa seperti kamu melakukan kursus yang bisa berbulan-bulan lamanya maupun kuliah yang dalam hitungan tahun, namun workshop ternyata juga bisa menjadi langkah kecil memulai perjalanan karir barumu.

8. Menambah Usaha Baru 
Bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis atau usaha baru, mengikuti workshop juga merupakan salah satu cara simpel yang bisa kamu pilih. Pada workshop, kamu akan menerima informasi mengenai topik-topik bisnis serta keahlian untuk membuat suatu karya yang akan menunjangmu untuk  membuka suatu lapangan usaha baru. Misalnya membuat rangkaian bunga, membuat sabun batangan dari bahan alami, menjahit, membuat ilustrasi, dan sebagainya yang semuanya bisa kamu pelajari dari tahap awal hingga diyakini hasilnya mampu bermanfaat dalam meraih impian bisnismu.   

Nah, jika kalian sudah memahami definisi workshop serta keuntungan yang akan kamu peroleh berdasarkan informasi tersebut di atas, selanjutnya aku akan coba ulas sedikit mengenai workshop yang baru-baru ini aku ikuti. 

Ulasan Workshop
Jadi, beberapa hari lalu aku sempat mengikuti workshop yang sebelumnya aku temukan dari salah satu instagram yaitu @ilovecraftworkshops .Setelah aku mencoba melihat-lihat workshop apa saja yang disediakan pada akunnya, ternyata sebagian besar adalah workshop yang bersifat praktik. Misalnya ada cara pembuatan sabun, seni melukis gelas atau tumblr, merangkai bunga, membuat lilin aromaterapi, membuat payet, menggambar ilustrasi dengan cat kuas, menggambar desain fashion, belajar ukulele, dan lain sebagainya. 

Selain penasaran, sebenarnya alasan utamaku mengikuti workshop karena ingin menghabiskan waktu luang dengan mengisi kegiatan yang akan berguna nantinya apalagi aku juga sedikit tertarik dengan dunia bisnis. Diawali dengan diskusi dengan admin dari @ilovecraftworkshops yang sangat ramah melalui WhatsApp, aku sempat pula mengutarakan rasa khawatir tidak bisa mengejar teman-teman peserta lainnya karena sebelumnya memang belum pernah mengikuti workshop

Tapi setelah dinyatakan bahwa pemula pun bisa mengikuti workshop, akhirnya aku mendaftarkan diri untuk mengikuti dua workshop pilihanku yaitu Watercolor Lettering yang diajarkan oleh seorang mentor @siscawungu dan Fashion Illustration oleh @fashioncraftyjakarta

1. Watercolor Lettering 
Aku yang memang hobi menggambar walaupun hanya sebatas goresan pensil di kertas maupun melalui aplikasi menggambar pada android merasa tertarik untuk mencoba membuat tulisan maupun gambar dengan cat kuas.

Basic watercolor lettering oleh @siscawungu

Watercolor lettering
diajarkan dengan sangat apik oleh @siscawungu mulai dari bagaimana membuat goresan secara tipis maupun tebal, perbedaan penggunaan kuas ukuran kecil dan besar, sampai ke tahap pemilihan warna baik itu warna satuan maupun warna yang dicampur untuk menghasilkan gradasi lukisan yang cantik. 

Hasil karya para peserta workshop watercolor lettering oleh @siscawungu

Oiya, nanti kamu juga akan memperoleh informasi seputar merek cat kuas apa saja yang terbaik dan bisa kamu beli dengan mudah di toko-toko buku manapun dari harga yang termurah maupun harga yang cukup mahal khususnya buat kamu yang memang sudah berada di level profesional.

2. Fashion Illustration : Women Figure Drawing
Kamu mau menjadi designer tapi tidak cukup percaya diri ? Atau mau ikut kursus fashion design yang berbulan-bulan lamanya tapi takut bosan atau tidak cukup lihai ? Nah, kamu bisa coba mulai ikuti workshop terlebih dahulu karena @fashioncraftyjakarta bisa mengajarkanmu step by step, singkat namun padat. 

Step by step diajarkan membuat ilustrasi fashion oleh @fashioncraftyjakarta

Dari workshop ini, aku bisa memperoleh gambaran bahwa fashion design itu sebenarnya bukan hal yang mudah karena tidak hanya membuat gambar postur tubuh melainkan aksesoris, pakaian, maupun sepatu yang harus dipikirkan dan dibuat secara detail. Tidak hanya itu, bahan pembuatan pakaian serta pilihan warna semacam mix and match juga harus sudah ditentukan secara matang agar penampilanmu sesuai harapan dan tetap terlihat selaras.  Walaupun cukup sulit namun jika kamu menekuninya tentu saja kegiatan ini akan membawa kesuksesan tersendiri.


Hasil ilustrasi fashion pada workshop yang diselenggarakan @ilovecraftworkshops

Contohnya aku yang sama sekali belum pernah menggeluti dunia fashion, diajarkan perlahan-lahan membuat suatu gambar sampai menghasilkan suatu karya fashion yang awalnya kupikir tidak akan sebagus dari perkiraan. Nyatanya hasilnya terbilang lumayan dan membuatku puas untuk ukuran pemula sepertiku walaupun dalam pengerjaannya memang cukup banyak dibantu oleh sang mentor yang menjelaskan dengan baik. 

Kesimpulan 
Nah, terakhir aku akan utarakan bahwa workshop adalah suatu kegiatan yang sangat fun dan menghasilkan keuntungan yang cukup menarik seperti menambah wawasan, menambah pertemanan, serta membuka pola pikir buat kamu yang memang menyukai dunia bisnis. Dengan mengikuti workshop juga bisa menjadi tambahan keahlian sebagai ajang "banting setir" buat kamu yang merasa jenuh dengan rutinitas di perkantoran demi membuka lapangan usaha secara mandiri. 

Workshop bisa diikuti oleh segala usia, baik anak-anak, wanita, maupun pria dengan jumlah peserta lebih terbatas atau tidak lebih dari belasan peserta. Biaya mengikutinya sekitar 100 ribu hingga 1 juta rupiah tergantung pilihan materi pelatihannya. Pada workshop, kamu akan memperoleh materi pelatihan, beberapa perlengkapan pelatihan, karyamu sendiri yang bisa dibawa pulang, makanan ringan dan minuman, serta sertifikat jika ada. Lokasi diadakan workshop juga berbeda dengan seminar, umumnya biasa dipilih dengan ruangan yang cukup luas tapi tidak terlalu formal.

Bagaimana nih teman-teman, apakah tertarik mengikuti workshop ? Kira-kira workshop apa yang paling ingin kamu ikuti ? Boleh loh berikan komentar pada kolom di bawah. 

Semoga bermanfaat.



38 comments:

  1. Mengikuti sebuah workshop pastinya kita telah memikirkan terkait waktu, manfaat serta kegunaannya ya. Yg pasti ya tentunya ada manfaatnya buat kita. Lebih senang kalau seorang ibu mengikuti workshop yang juga bisa diikuti bareng oleh keluarga juga. Melibatkan anak dan suami. Hem... Senang banget pastinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, coba cari workshop yang sekalian bisa ajak suami dan anak supaya have fun juga bareng-bareng :)

      Delete
  2. Wah seru banget, aku sempat kepikiran untuk ikut workshop bullet journal dan crochet. Tapi sayangnya di kotaku nggak begitu gencar. Tapi kadang, suka manfaatin moment workshop di event" blogger. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah apa itu workshop journal dan crochet ? kayaknya seru ya..

      Delete
  3. Daku tipe yang demen ikut workshop karena memang bener manfaatnya seperti yang kak Arkina sampaikan, cuma sih tetep cari yang gretongan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehee, gretongan juga banyak kak asal sering update medsos ya..

      Delete
  4. Mau bgt ikutkan anak workshop tapi yg deket rumah aja karena punya bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gak bisa jauh ninggalin bayi ya, soalnya pas yang aku ikuti ini juga deket banget dari rumah cuma 15 menit.

      Delete
  5. kunjungan perdana salam kenal

    ReplyDelete
  6. Seru sekali bisa ikutan workshop begini. Pengen ikutan juga, tapi gambar aja jelek banget, suka malu sama peserta lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipilih workshop yang sesuai minat saja kak, bareng teman atau keluarga pasti tambah seru.

      Delete
  7. Wah seru banget workshopnya, memang buat para ibu penting ilmu pengetahuan. Jadi alangkah baiknya kita mengikuti seminar

    ReplyDelete
  8. workshop yang berkaitan dengan art atau kesenian memang menarik buat diikuti ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi kalo bareng sama anak-anak kecil, jauh lebih fun..

      Delete
  9. Sekarang ini enak ya karena banyak sekali ragam workshop yang ditawarkan jadi kita tinggal pilih deh mau ikutan yang mana. Apalagi kalau setelah ikutan workshop bisa menambah keahlian kita, seru banget pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang tema workshop ada macem-macem ya..

      Delete
  10. Seru, ya, ikutan workshop. Kubelum pernah kecuali dulu Berhubungan sama pekerjaan di tempat kerja lama. Memang banyak banget, ya, manfaat workshop ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget manfaatnya, nanti ada waktu coba ikuti saja workshop sesuai kegemarannya.

      Delete
  11. Ikut workshop memberikan berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang bersifat praktek

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, langsung praktek di tempat jadi bisa maksimal dapet ilmunya kak :)

      Delete
  12. Setuju banget kalo ikutan workshop makin luas khazanah keilmuan dan bisa buat peluang bisnis yaa. Ak mau ikutan workshop masih belum aja nih mba, pengen ikutan merangkai bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikut yang merangkai bunga, aku juga mau coba nih..

      Delete
  13. Kyknya aku pernah intipin juga IGnya mbak, sering bikin WS2 gtu ya kalau gk salah. Aku blm ada kesempatan ikutan moga2 besok2 bisa ikutan. Enak ya namnha keterampilan sekaligus networking gtu��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ko kak IG yang open WS gitu, coba diintip salah satu yang banyak lokasi WS dekat rumah deh biar waktunya efisien hehe..

      Delete
  14. Woow...
    Pernah ikut workshop beberapa kali...tapi aku rasa kurang maksimal kalau bukan bidang yang kita inginkan yaa...

    Jadi mesti fokus pada kekuatan diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak, harus dipilih yang sesuai minat bakat supaya manfaatnya lebih cocok di hati bukan yang sembarang datang ke WS tapi akhirnya hasilnya "lalu" begitu saja..

      Delete
  15. kalau uda off kerja pasti aku juga bakalah ikut2an workshop mba mengisi wKTU luang hehehe itu yang fashion keren banget mba ngiler pengen ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kan masih kerja loh kak, cari WS yang rata-rata sabtu minggu saja supaya ada kegiatan bermanfaat juga di akhir pekan, kalo berkeluarga bisa ajak suami dan anak malah lebih baik.

      Delete
  16. Aku pribadi jg suka ikut workshop mba Karena kada praktiknya, itu nilai plus ya. Jd kalo gag sempet dilakukan d rmh at least sdh dilakukan di tempat workshop, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sehati ya sama-sama suka ikutan workshop :)

      Delete
  17. Waktu hamil aku suka banget ikutan workshop, ini itu semua aku lakuin. Seneng aja gitu nambah keahlian dan mengisi waktu luang.

    ReplyDelete
  18. Belum pernah nih ikutan workshop, selama ini seringnnya cuma ikutan kelas aja. Tapi menarik juga ya ternyata kalau ikutan workshop, apalagi yang sesuai dengan passion kita :)

    ReplyDelete
  19. Bener banget tuh apalagi bergabung bersama komunitas, lebih asyique lagi :D, karena bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang yang berbeda dengan passion dan tujuan yang sama.. Seru dah :D

    ReplyDelete

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...