Wednesday, 29 May 2019

7 Tradisi Lebaran yang Kurindukan

Saat yang paling dinantikan setelah satu bulan penuh berpuasa adalah perayaan hari Lebaran. Lebaran merupakan momen kemenangan yang setiap tahun pasti akan dirayakan oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia.

Mungkin dari kalian masih ada yang belum menyadari jika ada beberapa kegiatan yang selalu dilakukan menjelang atau saat hari Lebaran. Bahkan kegiatan tersebut dianggap telah menjadi tradisi secara turun-temurun layaknya warisan budaya bangsa.

Berikut ini adalah 7 tradisi Lebaran yang selama ini selalu kurindukan atau mungkin juga bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Mari disimak ya.

1. Mudik
Dengan banyaknya perantau dari luar kota atau bahkan luar pulau ke ibukota demi mengadu nasib atau mencari nafkah, tak heran jika setiap tahunnya tradisi mudik akan selalu meriah menjelang hari Lebaran. Inginnya memanfaatkan durasi libur yang lumayan panjang, banyak orang yang sibuk merencanakan mudik bahkan dari jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan dimulai.

Biasanya kegiatan mudik bisa terpantau jelas di setiap siaran langsung pertelevisian Indonesia dari tahun ke tahun. Walaupun seringkali terlihat berita kemacetan arus mudik hingga arus balik serta informasi tiket kendaraan umum yang menjulang tinggi baik dengan transportasi darat, laut, maupun udara, hal tersebut ternyata tidak membuat kerinduan untuk mengunjungi kampung halaman dan sanak keluarga sirna. Bahkan, hampir semua orang tetap menikmati momen mudik ini saat Lebaran.

Persiapan Mudik 

2. Nyekar atau Ziarah Makam
Selain mesjid, makam juga biasanya ramai pengunjung menjelang maupun sampai suasana Lebaran akan berakhir. Banyak orang akan mengunjungi makam sesepuh atau keluarga untuk mengirimkan doa. Walaupun berziarah ke makam bisa dilakukan kapan saja, namun momen Lebaran menjadikan kegiatan nyekar ini menjadi tradisi yang lebih berkesan.

3. Halal Bihalal
Halal bihalal adalah istilah yang hanya ada di Indonesia, artinya kegiatan positif seperti berkunjung ke rumah saudara, bermaaf-maafan, bersilahturahmi, makan bersama, atau reuni. Mengingat Lebaran dimaknai dengan hari kebahagian setelah sebulan penuh berpuasa, maka tradisi halal bihalal seringkali dijadikan tradisi selama Lebaran. 

4. Ketupat dan Opor Ayam
"Sudah masak ketupat dan opor ayam belum?", begitu kira-kira pertanyaan yang sering terlontar sebagai ciri khas Lebaran telah tiba. Biasanya hidangan ketupat dan opor ayam serta menu tambahan lainnya bisa berupa rendang, kentang balado, atau semur daging sudah siap tersaji di meja makan agar seselesainya melaksanakan salat Idul Fitri bisa langsung disantap bersama seluruh keluarga. Jangan heran ya ketika berkunjung ke rumah tetangga atau saudara untuk bermaaf-maafan, hidangan yang disuguhkan bisa saja sama seperti hidanganmu di rumah karena memang telah menjadi tradisi umat muslim di Indonesia saat Lebaran.

5. Kue dan Parcel Lebaran
Ternyata menyajikan kue Lebaran juga menjadi salah satu tradisi hari Lebaran sehingga banyak sekali orang berbondong-bondong membeli kue yang kemudian nantinya disusun secara rapi di setiap meja di rumah. Selain itu, memberikan kue yang telah dibungkus berupa parcel juga sering terlihat saat Lebaran sebagai tradisi berbagi kebahagiaan.

Parcel dan Kue Lebaran Kalengan

Umat Muslim Memilih Kue-kue di Toserba Untuk Lebaran

6. Berbagi Uang THR
Dengan diperolehnya Tunjangan Hari Raya atau THR dari perusahaan tempatmu bekerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah sebagai pemberian istimewa untuk menyambut hari raya Idul Fitri, lantas menjadikan umat muslim di Indonesia terbiasa membagi-bagikan dana THR tersebut ke anak-anak atau orang-orang yang lebih membutuhkan. Biasanya THR tersebut disiapkan dalam pecahan uang baru yang sebelumnya telah ditukar ke bank-bank manapun yang terdekat. Dengan dibagikannya THR berbentuk uang pecahan baru, tentu hari Lebaran dapat mempererat tali kasih serta berbagi kebahagiaan.

Persiapan Bagi-bagi Uang Pecahan THR

7. Kembang Api Pengganti Petasan
Walaupun petasan sebelumnya telah menjadi tradisi Lebaran, namun karena dinilai berbahaya maka banyak orang yang menggantikannya dengan kembang api untuk merayakan hari kemenangan umat Islam. Kembang api dinyatakan dapat lebih meminimalisir timbulnya ledakan, namun alangkah baiknya agar tetap hati-hati dalam menggunakannya. Begitu pula dengan sejumlah anak-anak yang bermain kembang api agar tetap didampingi oleh para orang tua.

Kembang Api Untuk Perayaan Lebaran

Seperti itulah tradisi yang unik dan menyenangnya yang kurindukan dan pastinya dilakukan sebagian besar umat muslim di Indonesia saat Lebaran. Tradisi di setiap negara pastilah berbeda-beda, namun demikian diharapkan setiap tradisi yang ada khususnya di Indonesia agar tetap melekat di hati setiap umat muslim dan tetap dilestarikan agar suasana Lebaran semakin berkesan dan semarak. Selamat merayakan hari Lebaran ya. 




2 comments:

  1. Opor ayam tuh paling dirindukan๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Btw mampir balik yaa mba hehe

    ReplyDelete

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...