Saturday, 18 May 2019

3 Tips Maksimal Untuk Memanfaatkan THR

Tunjangan Hari Raya (THR)

Menjelang bulan Ramadhan, kebanyakan warga negara yang bekerja pasti sudah mengira-ngira kapan akan memperoleh THR yang merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya. Biasanya beberapa minggu menjelang hari kemenangan, sudah menjadi tradisi bahwa semua pekerja akan memperoleh THR yang gunanya untuk kepentingan Hari Raya. 

THR adalah semacam bonus yang diberikan perusahaan untuk semua karyawannya demi menunjang keperluan di Hari Raya Idul Fitri. Perhitungannya pada umumnya telah diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah yang pengelolaannya kembali ditentukan oleh kebijakan perusahaan masing-masing. Biasanya nominal THR berkisar antara 1 kali gaji dalam sebulan atau bisa juga proporsional disesuaikan dengan berapa lama kamu bekerja di perusahaan tersebut.

Berbeda dengan gaji setiap bulan yang pastinya sudah memiliki porsinya tersendiri untuk dipakai rutin membayar segala keperluan sehari-hari maupun tagihan, sedangkan THR seharusnya tetap digunakan untuk keperluanmu berlebaran.

Untuk itu, berikut adalah 3 tips maksimal untuk memanfaatkan THR secara tepat agar dananya dapat kamu susun sedemikian rupa sebelum kamu mulai menerimanya. Simak yuk.

1. Atur Prioritas
Sudah jelas bahwa THR memang untuk menunjang kebutuhan di Hari Raya, maka pastikan kebutuhan saat berlebaran sudah direncanakan secara cermat bahkan sebelum kamu menerima THR tersebut. Kamu harus sudah membagi-bagikan dalam persentase berapa nominal yang perlu dipakai, misalnya keperluan jika kamu berniat mudik, zakat dan sedekah, berbagi dengan keluarga, memberikan THR untuk asisten rumah tangga jika ada, membeli busana muslim jika memang diperlukan, kemudian sebagai tabungan untuk dana tidak terduga. Jika kamu sudah memiliki gambaran berupa persentase secara umum, maka kamu sudah bisa menimbang berapa total keseluruhan THR yang kira-kira akan terpakai di Hari Raya nanti.

2. Utamakan Zakat dan Sedekah 
Hari Kemenangan bukan sekedar perayaan saja loh, melainkan bermakna suci karena hari yang tepat untuk memperoleh lebih banyak amalan pahala jika kamu berbagi kepada sesama yang kurang beruntung. Oleh karena itu, jangan lupa mengeluarkan THR untuk keperluan zakat dan sedekah karena keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan ternyata lebih dasyat dibandingkan bulan-bulan lainnya misalnya selain memperoleh pahala yang lebih besar, juga sebagai jaminan surga atau penghapus segala dosa yang telah lalu.

3.  Sisihkan Dana Tidak Terduga
Menyisihkan sisa THR setelah kamu sudah membagikan beberapa skala prioritasmu adalah jalan untuk berhemat bukannya pelit. Bukannya tidak boleh menggunakan THR untuk tambahan sedekah, melainkan bisa saja sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana lebih banyak ketika mudik atau timbulnya keperluan mendadak lainnya di luar dari ekspektasimu. Jika demikian, diharapkan THR kamu tidak terbuang sia-sia untuk hal-hal yang lebih bersifat konsumtif apalagi biasanya banyak sekali promo diskon menjelang Hari Raya sehingga bukan hal yang mustahil jika kamu malah kalap membelanjakan keperluan yang tidak seharusnya menggunakan THR.

Nah, 3 tips menggunakan THR tersebut di atas yang bisa aku uraikan agar lebaranmu tetap maksimal dan dananya tidak berakhir dengan habis sia-sia. Gimana nih, kamu sudah susun belum untuk apa saja nanti THR akan digunakan ? Semoga 3 tips di atas bisa menjadi pedomanmu ya.



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...