Tuesday, 9 April 2019

#MoneySmartMenginspirasi Investasi Para Generasi Milenial

Tahukah kamu bahwa kesuksesan di masa depan bisa diraih jika kamu mulai belajar investasi sejak dini. Bahkan sejak kamu masih duduk di bangku sekolah, belajar dengan sungguh-sungguh, bergaul dengan teman-teman yang berprestasi di bidang akademik maupun agama, serta tekun menerapkan sistem menabung walaupun hanya ke dalam celengan, bisa jadi merupakan beberapa modal agar kamu nantinya bisa kaya dalam banyak hal.

"Kamu kalau dikasih uang jajan jangan lupa ditabung, ya. Syukur-syukur uangnya disisihkan dan dikasih ke orang-orang yang membutuhkan."

"Kamu kalau di sekolah jangan cuma ingat main-main sama temanmu saja, ya. Kamu harus tetap belajar dengan serius. Ilmu dari guru-gurumu jangan cuma disimak, lebih bagus lagi kalau ada saran-saran yang penting supaya bisa langsung kamu praktekkan."

"Kamu sekolahnya yang pintar supaya bisa diterima di universitas yang terbaik. Misalnya nanti lulus dan sudah bekerja, hasilnya jangan lupa dibagi-bagikan dengan cara sedekah."

Begitu kira-kira beberapa contoh kalimat nasehat dari orang tua saat aku masih berusia belasan tahun. Sesungguhnya kala itu tak terpikirkan olehku alasan kenapa harus mendengarkan dan melakukan semua perkataannya itu, yang kutahu hanyalah apa yang dikatakan orang tua pasti selalu mendatangkan kebaikan bagi anak-anaknya. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya aku berangsur paham bahwa apa yang diutarakan oleh orang tua adalah demi anak-anaknya agar dapat menghindari masa sulit atau kemiskinan saat dewasa.

Berbekal nasehat orang tua, memasuki masa kuliah aku pun semakin giat mengembangkan diri, meningkatkan kemandirian, mengikuti banyak pelatihan, serta menanamkan betapa pentingnya jika aku menjadi pribadi yang berilmu. Dengan wawasan yang luas dan pedoman ilmu agama yang baik, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika kamu akan cerdas dalam mengelola kehidupan sekaligus finansial.

Perencanaan Keuangan dan Investasi

Alhamdulillah aku yang saat ini telah menjadi seorang ibu ingin sekali dapat memanfaatkan ilmu yang selama ini telah aku terima dan merealisasikannya untuk investasi jangka panjang. Selain pernah bekerja sebagai karyawan di salah satu bank swasta di Indonesia, aku juga pernah bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan asuransi swasta yang merupakan salah satu grup penyedia layanan keuangan dari negara asing. Selain memaksimalkan ilmu pengetahuan dan kemampuan semasa sekolah, aku pun tetap tak berhenti belajar dari bidang-bidang pekerjaanku selama ini dalam bidang perbankan dan juga asuransi, atau lebih spesifiknya dalam bidang investasi. Adapun situs yang sangat bermanfaat dan sering aku kunjungi yakni moneysmart.id karena isinya berupa artikel yang padat akan tips-tips pintar dalam berpenghasilan, mengatur keuangan, meminjam uang, serta menjalankan pola hidup yang baik dan benar. 

Situs moneysmart.id adalah situs pelayanan keuangan terbesar dan terpercaya di seluruh Indonesia. Kontennya sangat menarik dan inspiratif untuk segala generasi. Salah satu rubrik yang menarik mengenai investasi masa depan sangat penting disarankan setiap anak terutama generasi milenial yang hendak meniti karir. Hal ini karena walaupun sudah bekerja dan memperoleh penghasilan, terkadang masih ada beberapa orang yang seringkali mengalami kesalahan dalam manajemen keuangannya. Resikonya selain tidak pernah ada sisa-sisa tabungan di akhir bulan, bisa juga berakhir dramatis seperti berhutang karena lebih banyak pengeluaran dari pada pemasukan. Itulah mengapa banyak sekali perusahaan finansial yang menyarankan siapapun agar mulai berinvestasi.

Anjuran investasi untuk masa depan yang cemerlang

Nah, di situs moneysmart.id dijelaskan secara mendetail anjuran beberapa investasi yang kutipannya dirangkum dari "Forbes". Berikut 4 investasi masa depan yang perlu diterapkan : 

1. Karirmu Investasimu
Sama halnya dengan saran orang tua agar bersekolah dengan sungguh-sungguh dan carilah ilmu setinggi-tingginya karena pilihan karirmu ternyata menjadi potensi untuk perkembangan karirmu juga. Berkembangnya karir seseorang sangat dipengaruhi dengan banyaknya pengalaman serta tingginya kemampuan. Semakin banyak penguasaan ilmu pada bidang yang kamu geluti maka berdampak pula dengan meningkatnya penghasilan. 

Jadi, jangan meremehkan segala ilmu pengetahuan dasarmu sejak masih di bangku sekolah karena dengan ilmu yang semakin terasah hingga menuju perkuliahan adalah bekal agar kemampuan dan pengalamanmu menjadi lebih baik. Apalagi jika ditambahkan pelatihan khusus seperti kursus yang dapat menunjang kemampuanmu itu, makanya tidak akan percuma jika sebagian pendapatanmu digunakan untuk belajar di tempat-tempat pelatihan untuk mendapatkan ilmu lebih banyak lagi.

2. Investasi Kesehatan
Jangan sampai sudah lelah bekerja tapi hasil tabungannya malah habis untuk berobat karena kurangnya perencanaan dalam bidang kesehatan. Sehat itu mahal sekali harganya. Walaupun sudah ada BPJS kesehatan atau asuransi dari  perusahaan, bukan berarti tidak perlu menjaga pola hidup dan asupan makanan yang sehat. Selain itu, BPJS kesehatan terkadang mengalami pergantian atau penyesuaian kualitas fasilitas sehingga terkesan tidak simpel dalam mengurusnya. Asuransi dari perusahaan pun sistemnya proporsional sehingga masih ada biaya tambahan lain yang bisa dibebankan ke setiap karyawannya.

Tidak ada kata terlambat untuk mengatur pola makanan yang sehat dan kaya akan gizi, hindari gaya hidup serta lingkungan yang buruk, dan tambahkan suplemen kesehatan jika diperlukan. Oiya, investasi kesehatan dengan memiliki asuransi jiwa juga diperlukan, loh. Siapa yang tahu tentang sampai umur berapa kamu hidup di dunia ini. Alangkah baiknya ada tunjangan yang tetap bisa kamu terima jika kamu seburuk-buruknya mengalami kondisi yang tidak diinginkan walaupun tetap harapan setiap individu adalah tetap dalam kondisi yang selalu fit dan sehat.

3. Deposito dan Emas Sebagai Tabungan Darurat
Dalam menabung sebaiknya tidak seluruhnya tersimpan dalam rekening tabungan, ya. Walaupun dalam penarikan dananya lebih mudah, tapi tabungan dalam rekening sesungguhnya tidak berkembang secara signifikan.

Khawatir dana darurat kamu nilainya tidak berkembang dan tidak membantu peningkatan dalam berinvestasi, lebih baik simpan sebagian tabunganmu dalam bentuk deposito atau emas. Memang nilainya tidak meningkat pesat seperti saham atau reksadana, tapi resikonya terbilang lebih kecil dan nilainya juga berangsur meningkat setiap tahunnya daripada hanya menabung dalam rekening bank. Nah, sebagian dana boleh disimpan dalam rekening bank karena gunanya jika ada kebutuhan mendadak maka sewaktu-waktu dapat diambil dengan mudah.

4. Saham, Reksadana, dan P2P Lending
Jika sudah memiliki tabungan dana darurat, ternyata kamu juga perlu menabung dalam bentuk saham dan reksadana. Alasannya tentu karena hasil investasi yang lebih menggiurkan daripada deposito atau emas. 

Walaupun dengan berinvestasi saham dan reksadana diyakini memiliki return berkali-kali lipat setiap tahunnya, tapi hati-hati karena resikonya pun sangat tinggi. Nah, walaupun resikonya sangat tinggi bukan berarti kamu memutuskan tidak berinvestasi saham dan reksadana karena saat ini sudah banyak badan keuangan yang dapat mengajarkanmu dalam berinvestasi saham. Selain itu, adapun peer to peer lending atau P2P lending yang juga memiliki resiko seperti saham dan reksadana.

Setelah kamu memahami dasar-dasar berinvestasi pada saham, reksa dana, atau P2P lending maka kamu cukup menyesuaikan saja investasi mana yang mau kamu pilih. Semakin ingin memiliki untung yang banyak maka pilihlah investasi beresiko tinggi, begitu pun sebaliknya.

Nah, itulah 4 investasi masa depan yang pantas dimiliki para generasi milenial. Sudah paham kan bagaimana mengelola keuangan dan berinvestasi agar masa depanmu jauh dari kebangkrutan. Kuncinya adalah dimulai dari belajar sebaik mungkin untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya diikuti dengan memperoleh karir yang mapan dengan segala kemampuannya sehingga penghasilan yang semakin dihargai tinggi bisa kamu sisihkan untuk berinvestasi lainnya. Perlahan-lahan jika rajin meningkatkan investasi dmaka kemungkinan besar kamu nantinya bisa meraih financial freedom.   

Informasi tersebut di atas hanya sedikit kutipan yang aku peroleh dari situs moneysmart.id. Jika kamu ingin memperoleh lebih banyak update seputar keuangan dan gaya hidup, jangan lupa mampir ya ke situsnya, pokoknya #MoneySmartMenginspirasi.





2 comments:

  1. So far baru main Reksa Dana aja, semoga nanti bisa main saham juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sudah ada niat perbanyak investasi ya kak :)

      Delete

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...