Tuesday, 14 May 2019

Beberapa Kiat Atasi Bau Mulut di Bulan Ramadhan

Tidak ada satu pun orang yang mau mengalami bau mulut. Terlebih lagi di saat bulan Ramadhan, akibat berpuasa seharian penuh tentu saja bisa memberikan kesempatan bakteri untuk bersarang sebagai penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut bisa menyebabkan kurangnya percaya diri karena adanya kekhawatiran jika lawan bicara merasa tidak nyaman saat sedang berinteraksi. Dampaknya, diskusinya menjadi tidak maksimal bahkan kurang berkualitas. 

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa kiat untuk menghilangkan bau mulut khususnya di bulan Ramadhan atau bisa juga untuk keseharian. Selama kiat ini dijalankan dengan tepat, diharapkan agar tetap tidak membatalkan puasa ya. 

1. Sikat Gigi dengan Baik dan Benar
Sikat gigi wajib dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Oleh karena itu, sebaiknya sikat giginya juga diganti setiap 2-3 bulan. Jika kamu sempat mengalami sakit, setelah sembuh pun sebaiknya mengganti sikat gigi lamamu agar tak kembali tertular akibat bakteri-bakteri yang masih menempel pada sikat gigi tersebut.

Sikat gigi akan lebih baik jika kamu lakukan selama 10-15 menit setelah makan untuk menghindari sisa-sisa makanan terselip pada gigi. Pasta giginya juga dipilihkan sesuai kondisi gigi dan mulutmu, apakah mencari yang khusus memutihkan gigi, gigimu sensitif, dan sebagainya. Nah, di Bulan Ramadhan ini kamu sikat giginya dilakukan setelah santap sahur ya, kemudian dilakukan kembali saat menjelang tidur di malam hari. 

2. Perbanyak Minum Air Mineral 
Air mineral sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kelembaban mulutmu. Air juga dapat melungsurkan bakteri-bakteri yang mungkin ada di mulut. Jadi, sangatlah penting jika kamu selalu minum air mineral setelah selesai makan. Kiat ini berlaku juga saat bulan Ramadhan. Kamu harus mencukupi kebutuhan air minum saat sedang santap sahur untuk menghindari bau mulut saat seharian berpuasa. Nanti saat berbuka puasa pun jangan lupa kembali mencukupi kebutuhan air minummu dengan air mineral. Gunanya selain agar tubuh segar terhidrasi, bau mulut juga dapat dihindari. 

3.Kumur-kumur dengan Cairan Pencuci Mulut
Cairan pencuci mulut atau mudah dikenal dengan mouthwash berguna untuk menghilangkan bau mulut secara cepat dan anti ribet. Setelah kamu kumur-kumur dengan mouthwash tersebut, napasmu akan segar seketika sehingga membuatmu lebih percaya diri. Eits, tapi jangan lakukan aktivitas kumur-kumur saat kamu sedang berpuasa ya. Lakukanlah kumur-kumurnya saat selesai santap sahur sebelum waktu imsak tiba.

4. Cuka Sari Apel 
Sepertinya sudah banyak yang paham ya cuka sari apel yang kerap lebih diingat dengan sebutan apple vinegar telah sering dipakai untuk kebutuhan kecantikan kulit. Nah, cuka sari apel yang memiliki sifat asam ternyata juga dipercaya bisa mengatasi bau mulut. 

Jadi caranya sebelum makan, satu sendok cuka sari apel tersebut ditambahkan ke segelas air minum kemudian minum setelah dilarutkan. Cara ini efektif bisa melancarkan pencernaan dan menghindari bau mulut. Di bulan Ramadhan, lakukan di saat santap sahur ya.

5. Makan Buah dan Sayur
Jangan lupa asupan buah dan sayurnya loh saat santap sahur. Kunyahlah buah-buahan seperti apel atau sayur-sayuran seperti selada karena mengunyah apel atau daun selada dinyatakan dapat mengurangi bau mulut hingga 50 persen dalam 30 menit pertama. Tapi akan lebih baik jika kamu mengunyah daun mint walaupun sepertinya masih agak jarang didapati di toko buah dan sayur kecil-kecilan. 

Mengunyah apel sebagai solusi atasi bau mulut

6. Sikat Lidah
Ternyata lidah juga bisa loh menimbulkan bau mulut. Jika kamu memiliki alat sikat khusus lidah, kamu bisa menyikat lidahmu dengan alat khusus tersebut setelah makan secara teratur.

Nah, bagaimana kiat-kiat atasi bau mulutnya, mudah sekali kan ?

Semoga bermanfaat ya.


No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...