Tuesday, 7 May 2019

Tempat Buka Puasa Bersama Favoritku

Buka puasa adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan haus. Perencanaan mulai dari menu makanan dan minuman apa yang hendak dipilih serta tempat makan apa yang ingin didatangi bahkan sangat perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Makanya, tidak heran jika restoran-restoran di setiap daerah akan penuh pelanggan sekitar 1-2 jam sebelum azan Magrib berkumandang. Resiko bila tidak melakukan reservasi meja makan dari beberapa hari sebelumnya, jangan harap kamu bisa menyantap hidangan tersebut secara tepat waktu.

Apakah kamu tinggal di daerah Jakarta sepertiku ? Ada banyak sekali loh tempat makan yang seru dan bisa kamu datangi karena saat ini rata-rata tempat makan sudah sangat variatif dilihat dari harga, suasana, serta lokasinya apalagi jika telah memiliki cabang yang cukup banyak. Walau demikian, aku sempat terkecoh tertarik mencoba ke suatu restoran yang terbilang kekinian dengan harga makanan yang terbilang miring alias murah meriah tapi pada kenyataannya tempat makannya tidak terlalu layak didatangi oleh keluarga yang membawa anak-anak.

Dengan adanya pengalaman itulah makanya aku sekarang memahami bahwa testimoni dalam hal apapun termasuk tempat makan ternyata lumayan penting. So, adapun tips dan trik jika kamu memutuskan untuk buka puasa yang nyaman di restoran. Pertama adalah memastikan bahwa hidangannya serba halal dan harganya sesuai dengan kemampuan. Kedua, jika kamu berniat mengajak anak-anak maka pastikan apakah tempat itu restoran keluarga atau bukan. Ketiga, jangan lupa untuk menghubungi tempat makan tersebut terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi yang mungkin akan terjadi pada hari yang telah kamu tetapkan. Misalnya apakah bisa didatangi secara mendadak atau diperlukan reservasi terlebih dahulu.  

Nah, setelah mengetahui tips dan trik mencari tempat makan untuk berbuka puasa tersebut, berikut ini adalah tempat makan yang menurutku paling cozy dan pantas aku informasikan : 

1. Rumah 
Siapa sih yang tidak pernah suka berbuka puasa di rumah ? Hampir setiap orang bekerja yang berpuasa pasti ingin cepat-cepat sampai ke rumah untuk merasakan nikmatnya berbuka puasa bersama keluarga. Selain bersama keluarga, tidak jarang juga para ibu yang memiliki komunitas atau sekedar teman-teman di grup pertemanan menyempatkan ajang berbuka puasa bersama ini di salah satu rumah yang telah disepakati demi silahturahmi atau reuni. 

Contohnya sepertiku bersama teman-teman SMA, hampir setiap tahun silih berganti berbuka puasa di salah satu rumah yang telah ditentukan. Makanan dan minumannya boleh masakan sendiri atau hasil jajanan yang tentunya dengan kesepakatan bahwa masing-masing wajib membawanya satu per satu melalui proses diskusi. Gunanya agar makanan atau minuman yang dibawa tidak dobel, seperti siapa yang ingin membawa tajil, air mineral, nasi lauk, sayur, dan sebagainya sehingga harus sudah diputuskan dari jauh-jauh hari. 

Bukber rumahan

Tempat berbuka puasa di rumah ini menurutku paling nyaman karena kita tidak perlu diburu-buru oleh waktu dan khawatir dengan antrian pelanggan. Anak-anakpun juga bisa diajak dan saling akrab satu sama lainnya. Hidangan murah-meriah dan perpaduan masakan sendiri pastilah tiada duanya, ngobrol-ngobrol juga jauh lebih santai dan tidak berisik suasana orang tak dikenal. Tapi jangan lupa untuk membersihkan meja makan bersama-sama juga loh seselesainya berbuka puasa bersama.  

2. Shaburi 
Berhubung aku sangat menyukai makanan Jepang, ternyata seluruh keluarga dan teman-temanku pun merasakan hal yang sama. Sebenarnya ada banyak sekali restoran Jepang di Jakarta, namun yang memiliki keanekaragaman menu baik itu untuk dewasa maupun anak-anak serta kenyamanannya dengan durasi waktu yang ada setiap meja yakni sekitar 90 menit, maka pilihan tempat untuk buka puasa selain di rumah yang akan kupilih adalah Shaburi. 

Shaburi berbasis shabu-shabu yang dimasak di pot atau semacam panci masakan khusus untuk masing-masing orang dengan kuah yang bisa dipilih seperti rasa pedas, miso, sukiyaki, dll. Kualitas dagingnya pun benar-benar membedakan harganya sehingga ada yang bilang tempat makan ini mahal ada juga yang bilang standar. Jika kamu bukan tipe yang harus makan makanan daging mahal, pilihan dengan harga daging terendah pun sebenarnya tidak masalah apalagi daging dan hidangan lainnya seperti sushi, sayur-sayuran, buah-buahan, aneka lauk seperti ikan-ikanan, jamur, tahu, atau dimsum, serta varian minuman bisa dipilih dan diambil sesuka hati semacam all you can eat dengan durasi waktu makan yang terbilang cukup sesuai. Supaya harga yang kamu bayarkan berbanding sama dengan kualitas makananmu, ada baiknya lebih banyak memesan menu daging daripada menu lainnya. 

Bukber di Shaburi Kelapa Gading

Walaupun berbuka puasa di tempat makan yang all you can eat, tetap perhatikan cara makan dengan baik ya agar pencernaanmu tidak memberontak atau malah sakit akibat diserang dengan beragam jenis makanan. Sesaat atau setelah berbuka puasa bersama, jangan lupa shalat di Mesjid terdekat ya agar kualitas ibadah di bulan puasa ini tetap berkah. 

Oke, kedua tempat makan itulah yang bisa aku rekomendasikan dan telah menjadi tempat berbuka puasa favoritku selama ini. Kira-kira kamu nanti mau buka puasa dimana ?  



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...