Thursday, 23 May 2019

Mengejar 6 Amalan di Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan adalah pintu ampunan yang dibuka seluas-luasnya dan pahala yang dilipatgandakan kepada para umat-Nya. Oleh sebab itu, sungguh sayang jika kamu tidak beribadah lebih rajin pada saat-saat seperti ini.

Dengan keistimewaannya yang hanya setahun sekali, maka amalan yang bisa kamu peroleh juga lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lainnya dan diharapkan agar kesempatan ini tidak disia-siakan.

Berikut ini adalah 6 amalan yang perlu kamu lakukan agar ibadah puasamu diberikan keberkahan. Yuk, simak uraian dan manfaatkan kesempatan ini.

1. Sahur dan Berpuasalah 
Memang para ulama setuju dan berpendapat bahwa hukum sahur adalah sunnah sehingga tanpa sahur sebenarnya puasa tetap bisa dijalankan. Namun jika kamu mengetahui beberapa hadis bahwa sahur itu dikatakan barokah atau makanan sahur adalah makanan yang diberkati, maka ada baiknya sahur jangan ditinggalkan walaupun hanya dengan minum seteguk air. 

Begitu pula dengan puasa, tidak hanya untuk memperoleh pahala melainkan pada Ramadhan ini dengan berpuasa ternyata juga bisa menghapuskan dosa-dosa di masa lalu. Sekaligus diperhatikan pula untuk jangan menunda-nunda waktu berbuka puasa setelah mendengarkan suara azan karena diutamakan agar kamu segera berbuka puasa walaupun hanya dengan minum seteguk air atau  makan buah kurma.

2. Membaca Al Quran 
Disunnahkan untuk meluangkan membaca Al Quran, ilmu keagamaan, shalawat, dan zikir-zikir. Jika kamu membaca Al Quran di bulan Ramadhan, maka akan lebih terasa spesial karena Al Quran memang diturunkan pada bulan Ramdhan. Bahkan di bulan Ramadhan, satu huruf Al Quran yang dibaca dihitung sebagai satu kebaikan.

3. Perbanyak Sedekah 
Bagi setiap umat muslim, bersedekah adalah hal yang dianjurkan untuk membersihkan harta. Oleh karena itu, jika bersedekah semakin diperbanyak di bulan Ramadhan maka kamu pun dapat menambah kualitas ibadah karena pahala yang diberikan Allah SWT juga berlipat ganda serta akan dipermudah jalanmu menuju surga.

4. Memberi Makan Orang Berbuka
Tidak hanya bersedekah berupa uang, kamu pun akan mendapat amalan yang sangat besar jika mampu memberi makan orang berbuka puasa baik hanya sebutir kurma atau seteguk air. Bahkan lebih baik lagi jika memberi makan yang cukup mengenyangkan.

5. Salat 5 Waktu dan Salat Malam
Salat 5 waktu adalah tiang agama. Jika kamu melaksanakannya secara tepat waktu terutama di bulan Ramadhan tentu amalan ibadahmu juga akan berlipat ganda dan lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan-bulan lainnya.

Amalan lainnya di bulan Ramadhan adalah salat malam seperti taraweh, witir, maupun tahajud. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW berdasarkan HR Bukhari dan Muslim, dinyatakan bahwa barang siapa yang salat malam karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT maka dikeluarkan segala dosanya sebagaimana kamu baru dilahirkan oleh ibumu.

6. Zakat Fitrah 
Amalan puasa kamu di bulan Ramadhan ini akan lebih sempurna dengan zakat fitrah. Zakat fitrah wajib dilakukan oleh setiap umat muslim yang berguna untuk menutupi segala kesalahan dalam berucap maupun perbuatan yang sia-sia.

Nah, demikianlah 6 amalan yang dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT di bulan Ramadhan. Sesungguhnya masih banyak sekali amalan lainnya jika kamu memang berlomba-lomba berbuat kebaikan demi meningkatkan ketakwaan dan memperoleh pahalaNya. Maka sudah seharusnya sebagai umat muslim untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dan lebih menyempurnakan ibadahnya.  Yuk, sama-sama raih keutamaan Ramadhan karena belum tentu dapat kita nikmati di tahun-tahun berikutnya.



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...