Wednesday, 8 May 2019

Resep Soto Ayam Ambengan Surabaya

Aku tipe yang menggemari makan masakan yang berupa sayuran, salah satunya adalah soto. Sebenarnya di Indonesia sendiri sangat terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Untuk soto saja ada banyak sekali jenisnya tergantung dari daerahnya. Ada soto Kudus, soto Lamongan, soto Betawi, soto Banjar, soto mie Bogor, soto Bandung, soto Makasar, soto Madura, soto Boyolali, soto Padang, soto tauco Pekalongan, soto ambengan Surabaya, dan masih ada soto lainnya dengan cita rasa yang khas dari daerah masing-masing. 

Walaupun aku sangat gemar makan soto, ternyata belum semua soto tersebut di atas telah aku cicipi. Sedangkan yang sudah aku cicipi rata-rata semuanya enak dan sangat aku sukai. Berhubung aku berdarah Jawa, tentu semua soto dari daerah itulah yang telah aku cicipi dan menjadi favoritku.

Sekarang, aku akan bagikan resep soto ayam ambengan dari daerah Surabaya, Jawa Timur. Alasannya karena ibuku terbiasa menghidangkan soto ini sejak aku masih kecil, makanya hingga saat ini aku kerap senang memakannya. Seandainya aku pandai memasak seperti ibuku, pastinya aku juga ingin sekali mencoba semua resep soto dari beragam daerah.


Soto ayam ambengan Surabaya disajikan dengan tempe goreng kering


Berikut ini adalah resep soto ayam ambengan yang dapat dihidangkan untuk 5 orang. Yuk, kamu juga ikutan coba memasaknya.

Bahan dasar : 

- 1 ekor ayam kampung yang sudah dibersihkan,
- 1,5 liter air atau disesuaikan selera
- 3 batang daun bawang
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 50 gram bihun, rendam dalam air panas hingga empuk
- 100 gram daun kol yang sudah dibersihkan, 
- 3 atau 4 butir telur rebus yang telah dipotong disesuaikan selera

Bumbu : 

- 5 siung bawang putih yang sudah ditumbuk halus, 
- 8 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, 
- 1 sendok teh garam, 
- 1 sendok merica, 
- 5 atau 6 lebar daun jeruk tanpa tulang daun, 
- 1 buah lengkuas sekitar 1-2 cm lalu dimemarkan
- 2 batang serai yang diambil bagian putihnya saja lalu diiris sesuai selera,
- 1 buah jahe sekitar 2-3 cm lalu dimemarkan

Bahan tambahan : 

- Sambal kemiri, 
- Kecap,
- Jeruk nipis, 


Langkah pembuatannya :

1. Ayam kampung direbus dalam air mendidih dengan 1 sendok teh garam hingga dagingnya lunak. Angkat lalu tiriskan, Ambil kaldunya sekitar 1 liter lalu goreng ayamnya hingga berwarna kuning kecoklatan. Suwir-suwir dagingnya.

2.  Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu seperti bawang merah, bawah putih, kunyit, merica, dan garam yang telah dihaluskan, masukkan bersamaan dengan lengkuas, jahe, serai, daun jeruk hingga matang dan aromanya harum lalu angkat.

3. Tumisan bumbu dimasukkan ke dalam kaldu ayam kemudian didihkan di atas kompor dengan api yang kecil. Masukkan daun bawang kemudian angkat. Kuah soto ayam yang gurih sudah siap.

4. Potong-potong kol dan susun bersama bihun, telur rebus, serta a yam suwir ke dalam mangkok secukupnya kemudian siram kuah sotonya. Hidangkan saat kuah masih panas. 

5. Tambahkan penyedap tambahan seperti sambal, kecap, dan perasan jeruk nipis.

Soto ayam ambengan Surabaya disajikan dengan kerupuk rambak.


Nah, soto ayam ambengan asal Surabaya sudah siap disantap seluruh keluarga. Oh iya, aku sangat suka jika memakannya dengan kerupuk rambak maupun tempe goreng kering. Kalau menurutmu gimana ?.

Selamat mencoba.



2 comments:

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...