Friday, 31 May 2019

10 Jajanan Favorit Keluarga Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan tanpa terasa sudah memasuki hari ke-27 saat ini. Bulan penuh ampunan ini yang akan berakhir dalam hitungan hari ini akan semakin dirindukan setiap tahunnya. Perasaan haru, senang, maupun sedih bercampur jadi satu jika mengingat kemungkinan bisakah kita diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu kembali di Ramadhan selanjutnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita tetap maksimal memperbanyak kegiatan-kegiatan yang mendatangkan kemuliaan dan keberkahan di penghujung Ramadhan menuju hari Lebaran ini. 

Ngomongin masalah kegiatan Ramadhan, ada loh kegiatan yang setiap harinya dipastikan selalu ada dan dinantikan oleh seluruh umat muslim terutama menjelang waktunya berbuka puasa. Kegiatan tersebut adalah ngabuburit untuk berkuliner. Ya, kuliner mencari hidangan takjil sebagai menu andalan untuk berbuka puasa.  

Di Indonesia sendiri, momen pencarian jajanan berupa makanan, minuman, bahkan takjil sebagai menu andalan berbuka puasa menjadikan para pengusaha kuliner tidak mau ketinggalan memanfaatkan kesempatan ini. Dengan lebih aktifnya berjualan menu makanan, minuman, atau takjil di bulan Ramadhan, diperkirakan omzetnya bisa naik berkali-kali lipat loh. 

Tidak hanya pengusaha kuliner, jika kamu pandai membuat jajanan berupa takjil maka kamu juga bisa mendirikan atau menitipkan takjil hasil buatanmu di stand komplek perumahan, apalagi modal yang diperlukan tidak terlalu banyak. Stand-stand berupa makanan, minuman, atau takjil ini hampir dapat kita jumpai di setiap jalan sekitar 2-3 jam sebelum waktunya berbuka puasa. 

Lalu apa saja sih jajanan yang paling banyak dicari saat Ramadhan ?. Sesungguhnya semua hidangan makanan, minuman, atau takjil bisa saja laris manis selama bulan Ramadhan. Tapi, berikut ini adalah 10 jajanan favorit keluarga yang aku rekomendasikan dan pastinya mudah kamu cari saat ngabuburit dengen tujuan berkuliner mencari menu berbuka puasa. Mari disimak yuk.

1. Kolak Pisang
Sepertinya kolak pisang dari zaman dulu selalu menjadi takjil primadona selama bulan Ramadhan. Hampir setiap keluarga pasti pernah mencicipinya sebagai santapan berbuka puasa. Khasnya kolak pisang ini adalah rasa yang manis dan segar sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa. Selain kolak pisang, bisa juga ditambahkan ubi maupun kolang-kaling agar rasanya lebih beragam dan bisa mengganjal perut selama taraweh sebelum mulai menyantap menu pokoknya seperti nasi dan lauknya.

2. Kurma
Kurma pasti akan lebih laris saat bulan Ramadhan. Buah yang berasal dari Arab ini akan lebih dicari oleh setiap keluarga sebagai menu berbuka puasa. Bahkan jenis kurma ada banyak loh, seperti kurma ajwa, halawi, safawi, dan lain sebagainya tergantung favorit masing-masing.

3. Aneka Gorengan 
Aneka gorengan selalu menjadi jajanan favorit masyarakat Indonesia terlebih lagi selama bulan Ramadhan. Peminat gorangan hampir di berbagai kalangan kecuali jika kamu sedang berdiet ya. Aneka gorengan bisa berupa tempe, tahu, bakwan, cireng, singkong, pisang, dan sebagainya yang hanya mengandalkan digoreng saja hingga renyah agar lebih terasa nikmat.

4. Es Kelapa Muda
Minuman yang segar-segar juga yang paling banyak dicari sebagai menu berbuka puasa salah satunya es kelapa muda. Es kelapa muda sudah terasa nikmat tanpa dicampur apapun. Jika es kelapa tersebut ditambahkan sirup, gula aren, atau susu kental manis, jelas akan terasa lebih enak di lidah apalagi harganya juga terjangkau.    

5. Sop Buah
Alasan disebut sop buah karena bahan pembuatannya terdiri dari beragam buah-buahan seperti melon, semangka, buah naga, nanas, mangga, apel, anggur, dan lain sebagainya. Kamu bahkan bisa membuat sop buah ini sendiri yang buahnya dapat disesuaikan selera dan cukup ditambahkan dengan gel buah kelapa berbentuk kotak agak bening yang lebih dikenal dengan sebutan nata de coco. Nantinya buah-buahan tersebut dicampurkan air sirup maupun susu kental manis, tidak lupa es batunya agar sop buah lebih terasa nikmat dan segar.

Takjil Sop Buah.

6. Es Pisang Ijo 
Es pisang ijo berasal dari kota Makassar dan sudah menjadi kekinian di segala penjuru kota. Bahan utamanya tentu saja pisang yang dikukus dan dibalur adonan tepung berwarna hijau dari daun pandan atau daun suji. Pisang ijo akan lebih maksimal jika ada tambahan bubur sumsum, sirup, susu kental manis serta es batunya. Menu berbuka puasa kamu dijamin enak dan lumayan mengenyangkan. 

7. Es Campur
Es campur juga digemari loh bahkan tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Es campur ini dibuat dari campuran es yang diparut ditambahkan topping berupa kelapa, agar-agar, buah melon atau belewah yang telah dipotong kecil-kecil. Tidak lupa tambahan sirup, susu kental manis, dan es batu agar lebih segar untuk menghilangkan dahaga. 

8. Es Cendol
Takjil berupa es cendol juga sangat laris di bulan Ramadhan. Minuman khas daerah Sunda ini jika di Jawa Tengah lebih dikenal dengan sebutan es dawet. Bahan pembuatannya terdiri dari cendol yang terbuat dari tepung beras, gula merah cair, santan, dan tidak lupa es batunya. Adapun para penjual yang menambahkan tape agar menghasilkan rasa yang lebih bervariasi.

9. Es Cincau
Es cincau juga sangat pas jika dijadikan minuman pelepas dahaga saat berbuka puasa. Es cincau adalah minuman segar dari bahan cincau atau sejenis gel yang menyerupai agar-agar. Cincau yang dipotong-potong abstrak ditambahkan sirup, susu, santan, serta parutan es batu.

10. Risoles
Risoles juga merupakan jajanan yang cukup banyak dicari di bulan Ramadhan. Risoles adalah sejenis gorengan yang diisi daging sapi atau ayam dan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan jamur. Untuk pembungkusnya terbuat dari tepung terigu, telur, dan mentega. Risoles akan terasa lebih nikmat jika dimakan selagi hangat.

Itulah 10 jajanan yang telah menjadi favorit keluargaku bahkan di setiap keluarga di Indonesia terutama di bulan Ramadhan. Selain memang rasanya enak, harganya juga sangat terjangkau. 

Selamat menikmati jajanan berbuka puasa ya. 



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...