Monday, 27 May 2019

5 Tips Anti Gagal Acara Buka Puasa Bersama


Selama bulan Ramadhan, berbuka puasa bersama teman apalagi keluarga merupakan agenda wajib untuk dilakukan setiap tahunnya. Hal ini tentunya sangat berguna demi menjaga keharmonisan serta menjalin tali silahturahmi.

Dalam islam, berbuka puasa bersama baik itu dengan keluarga, teman, kerabat, maupun orang lain sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena akan mendatangkan keberkahan. Adapun sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majjah, "Makanlah kalian secara bersama-sama, sesungguhnya keberkahan ada pada makan bersama." Oleh karena itu, semakin banyak orang yang buka puasa bersama dengan kita maka akan semakin banyak pula keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Tradisi buka puasa tidak lengkap jika tidak direncanakan dari jauh-jauh hari, termasuknya jika kamu ingin berbuka puasa bersama teman maupun keluarga. Biasanya di bulan Ramadhan, kita akan sedikit keteteran waktu akibat banyaknya kegiatan ibadah serta seringkali adanya beberapa ajakan berbuka puasa bersama. So, agar kegiatan buka puasa bersama dengan teman atau keluarga tidak mengalami kegagalan, berikut ini adalah tips simpel yang perlu kamu lakukan agar acara buka puasa bersama tetap berjalan dengan baik. 

1. Diskusikan Rencana Buka Puasa dari Jauh Hari 
Jangan heran jika undangan buka puasa akan sangat banyak di hampir setiap minggunya saat bulan Ramadhan baik itu dengan teman SD, SMP, SMA, kuliah, kolega di kantor, maupun anggota keluarga. Dengan demikian, sebaiknya diskusikan agendanya kepada masing-masing bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan agar acaranya tidak bentrok satu sama lain. Dengan demikian, resiko bentrok buka puasa bisa lebih diminimalisir sehingga kamu bisa bersilahturahmi dengan semua undangan misalnya dengan teman atau keluarga.

2. Prioritaskan di Akhir Pekan
Memang agak susah untuk menyatukan agenda berbuka puasa untuk banyak orang, pasti ada saja yang tidak bisa hadir. Demi menghindarinya, jangan lupa pastikan cari waktu yang cocok dan bisa dihadiri hampir seluruh undangan, mengabarinya pun agar tidak mepet atau mendadak, serta prioritaskan acaranya di akhir pekan karena biasanya lebih senggang kecuali kamu mau berbuka puasa dengan kolega di kantor karena acara buka puasanya mungkin bisa dilakukan di hari biasa, contohnya langsung sepulang kerja.

3. Tentukan Lokasi Secara Maksimal
Lokasi buka puasa juga harus dipersiapkan, boleh di salah satu tempat tinggal relawan, restoran, cafe, atau bisa juga menyewa ruangan serba guna di hotel atau semacamnya jika undangan memang dalam jumlah besar. Dimana pun pilihannya, pastikan lokasinya strategis, bersih, nyaman jika didatangi secara rombongan, dan yang terpenting harus ada mushola agar ibadahnya tetap tidak terganggu. Sebagai tambahan, usahakan ada tempat khusus anak-anak jika memang ada beberapa undangan yang kemungkinan akan membawa bayi atau anak kecil.

4. Wajib Lakukan Reservasi 
Jika hasil diskusi sudah tidak ada kendala prihal waktu dan tempatnya, jangan lupa segerakan melakukan reservasi dengan sistem bayar di muka. Dengan demikian, saat menjelang buka puasa kita tidak perlu khawatir didahului orang lain atau bahkan harus mengantri lagi. Jadi sesampainya di lokasi tempat makan, kamu bisa langsung duduk di tempat makan yang sudah disediakan dan tinggal memesan makanan dan minuman yang bisa segera dihidangkan sebelum azan magrib.  

5. Persiapkan Budget Sebelum Memilih Menu Buka Puasa
Jika sudah yakin dengan lokasi buka puasanya, sudah pasti kita juga harus mengecek menu apa kira-kira yang nantinya perlu kita pilih sebagai santapan nikmat buka puasa. Pilihlah menu netral yang cocok untuk berbuka puasa dan jangan lupa untuk mempertimbangkan harga yang telah disesuaikan dengan budget yang tersedia. 

Nah, 5 tips tadi yang perlu kamu lakukan agar acara buka puasa kamu tidak berakhir gagal karena belum adanya persiapan yang matang. Jika semua tips tadi sudah terlaksana, kamu bisa bersilahturami dan mengabadikan momen dengan cara berfoto ria di acara buka puasa tersebut bersama teman maupun keluarga dengan lancar.  


No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...