Friday, 17 May 2019

Gaya Rambut Wanita Berhijab

Rambut memiliki peran penting dalam hal penampilan bagi sebagian besar wanita. Oleh karena itu, tidak heran jika rambut seringkali disebut-sebut sebagai mahkotanya wanita. Hal ini berlaku pula bagi wanita berhijab, walaupun terkesan cukup ribet tapi penataan rambut yang tepat adalah untuk menghindari diri dari kegerahan atau agar penampilan berhijab tetap dalam keadaan rapi.

Kebanyakan pertanyaan kepada wanita berhijab seperti kenapa harus mementingkan potongan atau gaya rambut padahal mahkotanya tidak terlihat memang cukup wajar. Pada kenyataannya, potongan atau gaya rambut yang tepat bagi wanita berhijab juga penting demi mengutamakan kenyamanan dan kebersihan rambut dan hijab yang dikenakan itu sendiri. Dengan potongan atau gaya rambut yang tepat saat berhijab maka kamu tidak hanya mendapati pemakaian hijab yang lebih praktis, perawatan rambutnya pun juga akan terasa lebih mudah. 

Jadi, berikut ini adalah uraian gaya rambut untuk kamu yang berhijab baik itu dengan potongan rambut pendek maupun rambut panjang. Simak yuk.

1. Rambut Pendek 
Penting untuk diketahui, walaupun rambut pendek terkesan lebih simpel karena mudah diatur dan cepat dikeringkan setelah dibersihkan, saat hijab terpasang pun tidak mengakibatkan rambut lepek atau terlalu lembab. Namun jika potongan rambut pendek yang terurai begitu saja di dalam hijab tidak tersusun rapi akibat rambutnya yang terlalu ikal, keriting, kaku, dan sebagainya, kemungkinan besar jika sisa rambutmu akan keluar di beberapa sisi hijab dan mengakibatkan tatanan hijab kamu menjadi berantakan tidak proporsional. 

Maka untuk menyiasatinya, jika potongan atau gaya rambutmu memang pendek, jangan lupa selalu menggunakan ciput agar tatanan hijab tetap sempurna. Ciput yang dikenakan bisa jenis topi, ninja, bandana, dan sebagainya asalkan rambut tepat dalam keadaan stabil dan tidak keluar di setiap sisi hijab. Pilihlah rambut pendek jenis bob atau lob karena lebih bervolume dan memberikan kesan tebal sehingga rambut mudah diatur dan sewaktu-waktu masih bisa diikat dengan karet. 

Gaya rambut pendek atau panjang wanita berhijab yang tertutupi oleh ciput ninja.

2. Rambut Panjang
Jika kamu memiliki rambut panjang dan berhijab, ada dua trik yang tepat agar menghasilkan tatanan rambut yang rapi sehingga tidak mengganggu penampilanmu. Kamu hanya memerlukan alat bantu berupa karet ikat dengan beberapa bentuk untuk menghasilkan tatanan hijab yang rapi untuk kamu  yang memiliki rambut panjang. 

Trik pertama, rambutmu bisa bergaya cepol yaitu mengikat dengan karet tapi jangan terlalu tinggi seolah-olah terlihat seperti punuk onta karena gaya tersebut dilarang oleh ajaran agama Islam. Kamu cukup mencepol rambutmu dengan wajar tanpa ada benjolan keluar dari hijab agar rambutmu tertahan sempurna dan tidak terurai berantakan. Lalu trik kedua bisa juga dengan gaya rambut ponytail bun, yaitu kamu hanya cukup menggelung rambutmu dengan ikat rambut agak lebih rendah daripada gaya cepol. 

Nah, jika kamu memiliki rambut panjang dan mengikatnya dengan gaya cepol maupun ponytail bun, kamu tetap dianjurkan menggunakan ciput atau inner hijab agar rambut tetap rapi sepanjang hari serta meminimalisir terlihatnya benjolan seperti punuk onta karena ikatan rambutmu dapat tertutupi oleh ciput dari luar hijab. 


Foto : Koleksi http://bajugrosirjogja.com/



4 comments:

  1. Emang enak sih berjilbab, jadi enggak pusing dengan bad hair day. Tapi sekalinya di rumah pengen dandan rambut cantik susah, lepek hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya susahnya kalo udah lepas jilbab malah gitu ya, hehe..

      Delete
  2. aku tim rambut pendek :D alasannya karena males harus ikat-ikat rambut kalo mau pake kerudung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebalikan nih, aku gak bisa kalo gak berambut panjang pas jilbaban coz kadang ga bisa full diikatnya..

      Delete

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...