Thursday, 16 May 2019

Cara Simpel Mengenakan Hijab Model Segi Empat

Sekarang mulai banyak loh wanita Indonesia yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat. Makanya tidak heran jika banyak yang mencari informasi mengenai bagaimana cara-cara mengenakan hijab. 

Hijab sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, misalnya segi empat, pashmina, lengan, rajut, bergo, dan lain-lain. Semua jenis hijab tersebut dapat disesuaikan pemakaiannya dengan busana kamu atau dikreasikan berdasarkan kegemaran dan acara masing-masing. Itulah mengapa pemakaian hijab hingga saat ini sudah beranekaragam sekali tutorialnya mulai dari yang paling simpel atau sederhana maupun yang paling modis atau kekinian.  

Untukku yang memang berhijab, aku lebih suka mengenakan hijab model segi empat. Alasannya karena pemakaiannya cukup simpel, bahannya juga tidak terlalu tebal sehingga kurasakan lebih cocok jika memakainya di iklim negara Indonesia yang cukup panas. Selain itu, mudah pula jika ingin mengkreasikannya ke arah yang lebih modis atau kekinian.  

Sebelum aku bahas cara-cara simpel mengenakan hijab model segi empat yang menjadi favoritku, ada baiknya kenali dulu perbedaan antara hijab dengan jilbab. Hal ini karena seringkali hijab dengan jilbab dinyatakan sama padahal sebenarnya ada loh perbedaaannya.

Merujuk dari news.detik.com, hijab dalam Alquran selalu digunakan dalam konsep pembatas ruang. Hijab dimaknai sebagai pembatas antara ahli surga dan ahli neraka. Jika dilihat dalam Alquran, hijab merupakan pembatas atau pembeda ruang antara laki-laki dan perempuan sehingga maknanya lebih luas tidak hanya sebatas kain penutup kepala. Sedangkan jilbab adalah pakaian luar tertutup sehingga ada yang memaknai seperti sarung, penutup kepala, bahkan penutup seluruh tubuh. 

Jadi, berhijab yang sesuai ketentuan syariat yaitu ketika kita beribadah maka kenakanlah pakaian yang baik tapi jangan berlebihan. Kesimpulannya pakaian yang terbaik adalah yang substantif atau pakaian takwa seperti menutup aurat, tidak ketat, tidak transparan, tidak berlebihan, dan tidak menunjukkan kesombongan.

Nah, jika sudah mengetahui perbedaan mendasar antara hijab dan jilbab, yuk ikuti informasi berikut mengenai cara-cara simpel mengenakan hijab model segi empat : 
  1. Lipat jilbab menjadi bentuk segitiga, lalu pasang atau kerudungkan ke kepala dengan kedua sisi sama panjang. Tapi sebelumnya jangan lupa kenakan ciput atau inner jilbab terlebih dahulu ya. 
  2. Bawa kain sisi kanan ke arah kiri melewati depan lalu sematkan ujung sisi kanan yang telah ditarik tadi dengan jarum pentul. Sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner sedikit terlihat. Rapikan hijab agar tidak terlihat berantakan.
  3. Tarik jilbab di bagian sisi kanan ke arah kiri wajah melewati bagian dagu. Kemudian kencangkan dan ikat di bagian ciput dekat telinga. Gunakan jarum pentul agar hijab erat tidak mudah terlepas.
  4. Rapikan bagian ujung lipatan serta bentuk hingga berkesan susunan hijab berada di sebelah kiri.
  5. Cara simpel mengenakan hijab segi empat sudah selesai deh. 
Bagaimana cara mengenakan hijab tersebut di atas, cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama kan ? Tampilan hijab simpel dan berkesan modern seperti ini sudah lama loh populernya. Kamu hanya cukup memilih bahan kain yang tepat agar tidak menyulitkanmu saat mengikuti cara-cara mengenakan hijabnya. Sesuaikan warna hijabmu agar tetap senada dengan busana yang akan kamu kenakan, atau jika tidak ingin mengenakan pin / bros sebagai aksesoris tambahan, kamu bisa mencari pilihan hijab yang bermotif untuk penampilan lebih modis. 

Salah satu contoh simpel mengenakan hijab segi empat bermotif 

Oiya, kamu bisa mengenakan hijab segi empat dengan cara seperti yang sudah dijelaskan tadi ke acara santai maupun formal. Pemakaian hijab dengan gaya yang nyaman serta warna yang serasi dengan busana tentu saja akan membuat penampilan kamu terlihat lebih sempurna.

Bagaimana gaya hijab favoritmu ? Selamat mencoba cara simpelku mengenakan hijab ya.



Foto : Koleksi ohayo.co.id



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...