Saturday, 1 June 2019

Momen-momen Terbaik di Bulan Ramadhan

Tanpa terasa bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke-28, pertanda hari-hari memperoleh amalan ibadah yang lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya akan segera berakhir. Sedih rasanya jika harus berpisah dengan bulan penuh kebaikan dan ampunan ini, apalagi akan sangat disayangkan jika kita tidak memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan hingga hari kemenangan nanti.

Nah, dengan sudah di penghujung bulan Ramadhan artinya sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia juga akan berbahagia karena segera dapat merayakan Idul Fitri atau Lebaran yakni hari kemenangan karena telah menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Namun jika kita mengingat kembali hal-hal terbaik selama menjalankan bulan Ramadhan, tentu saja membuat kerinduan seluruh umat muslim khususnya di Indonesia akan kembali muncul dan berharap agar selalu dipertemukan kembali dengan bulan suci ini.

Lalu, momen-momen terbaik di bulan Ramadhan itu seperti apa sih ? Berikut ini adalah beberapa uraian momen terbaik dan pastinya tak terlupakan selama bulan Ramadhan.

1. Berkumpul Bersama Keluarga
Pasti sebagian besar masyarakat Indonesia akan setuju jika kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga selama di bulan Ramadhan. Misalnya ketika sahur, berkegiatan untuk mengisi waktu luang, serta berbuka puasa yang tentu akan lebih terasa nikmat jika dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.

Momen kebersamaan dengan keluarga tersebut karena yang sebelumnya tinggalnya jauh dengan sedang berlangsungnya Ramadhan akhirnya menjadi dekat karena kekuatan silahturahmi. Kejadian ini adalah suatu hal yang pasti selalu diluangkan dan dimanfaatkan demi meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan.

Berkumpul Bersama Keluarga di Bulan Ramadhan.

2. Buka Puasa Bersama
Buka puasa bersama atau lebih dikenal dengan sebutan bukber sangat identik dengan bulan Ramadhan. Bahkan sebelum memasuki bulan suci ini, wacana bukber diperkirakan sudah berderet baik itu dengan keluarga, sahabat, atau kolega di tempatmu bekerja.

Tentu saja bulan Ramadhan sekaligus dapat dijadikan ajang silahturahmi atau reuni karena tingginya kemungkinan dengan diadakannya bukber maka kamu bisa bertemu teman maupun saudara yang biasanya lebih sulit ditemui selain bulan Ramadhan. Tak heran momen bukber ini sangat ampuh untuk mengobati kerinduan karena saat inilah kita bisa saling bernostalgia bersama.

Persiapan bukber seperti melakukan kontak satu per satu kepada peserta undangan apakah bisa hadir atau tidak, mencari tempat makan strategis yang berkualitas dan lengkap, serta harga yang tidak terlampau mahal termasuk sebagai momen seru yang tak akan terlupakan setiap bulan Ramadhan.


Ajang Silahturahmi Saat Berbuka Puasa Bersama.

3. Ngabuburit
Ngabuburit adalah kegiatan mengisi waktu luang sebelum waktunya berbuka puasa. Kegiatannya tentu saja dipilih yang positif dan diharapkan dapat menambah amal ibadah. Biasanya ngabuburit juga berguna agar kita dapat melupakan rasa haus dan lapar.

Ngabuburit bisa diisi dengan kegiatan keagamaan maupun kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja berkuliner mencari santapan hidangan berbuka puasa atau berburu menu takjil, bakti sosial atau mendatangi panti asuhan untuk berbagi, menghadiri kegiatan dakwah, olahraga ringan, menjalankan hobi seperti melukis atau sekedar nonton film, dan lain sebagainya.

4. THR
Bagi para pegawai di setiap perusahaan pasti akan menanti-nantikan perolehan THR atau Tunjangan Hari Raya. THR sangat berguna untuk membeli segala keperluan-keperluan di bulan puasa menjelang hari raya Lebaran.  Biasanya THR dipakai untuk bekal mudik maupun ditukarkan dengan uang pecahan baru karena anak-anak kecil yang ikut berkunjung demi bersilahturahmi saat Lebaran nanti akan meminta sejumlah uang baru kepada orang yang lebih tua akibat adanya tradisi bagi-bagi uang THR setiap tahunnya.

5. Mudik
Akibat banyaknya para pendatang merantau ke ibukota demi mengadu nasib atau mencari penghasilan yang lebih baik, tak heran di bulan Ramadhan menuju hari Lebaran akan bank sekali yang melakukan mudik atau berkunjung ke kampung halaman. Mudik biasanya akan meningkat di minggu terakhir menuju hari kemenangan. Ada yang berkendaraan pribadi, kendaraan umum baik jalur darat, laut, maupun udara.

Walaupun tiket mudik dapat dipastikan akan meningkat mahal di bulan Ramadhan, rata-rata orang yang ingin memanfaatkan momen Ramadhan ini tidak akan melewatkan kegiatan mudik ini. Tentu saja hal ini demi mengobati kerinduan dengan kampung halaman, bertemu dengen keluarga besar, berziarah, dan sebagainya.

6. Takbiran
Kumandang takbir menandakan Ramadhan telah berakhir dan seluruh umat muslim di dunia akan segera bertemu dengan hari kemenangan yakni hari raya Idul Fitri. Momen ini tentu saja paling ditunggu-tunggu dan untuk memeriahkan suasana bahagia setelah sebulan berpuasa, rata-rata umat muslim juga dapat mengisi kegiatannya dengan melakukan takbiran bersama. Anak-anak kecil sembari menyalakan petasan atau lebih amannya sekarang dialihkan dengan kembang api walaupun tetap perlu diawasi oleh orang tua sekaligus juga dimanfaatkan dengan kumpul bersama teman atau keluarga.

7. Bermaaf-maafan
Walaupun bermaaf-maafan bisa dilakukan kapan sana, namun dengan berlangsungnya bulan penuh ampunan ini, umat muslim biasanya akan lebih memanfaatkan momen ini dengan saling bermaaf-maafan demi membersihkan hati agar Ramadhan berlangsung lebih khusyuk. Dengan demikian, menjalankan ibadah puasanya akan lebih terasa tentram dan nikmat.

Itulah momen-momen terbaik selama bulan Ramadhan. Semoga momen seperti ini akan tetap menjadi kenangan  agar seluruh umat muslim khususnya di Indonesia agar senantiasa berbahagia dan menjadi pribadi yang selalu merindukan datangnya bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan oleh Allah SWT.







No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...