Tuesday, 18 June 2019

7 Kiat Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan dan Efektif

Tanpa terasa ya tahun ajaran baru sudah di depan mata lagi setelah liburan sekolah yang cukup panjang berakhir. Ada yang mulai masuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, maupun bangku Universitas. Selain rutinitas bertemu dengan para pengajar dan teman, akan dijumpai pula mata pelajaran di setiap tahun ajaran baru yang kemungkinan besar semakin banyak dan rumit. Makanya sangat wajar jika hal ini bisa membuat perasaanmu mendadak seperti gado-gado, senang sekaligus gelisah bercampur jadi satu.

"Asiiiik bisa ketemu teman-teman lagi di sekolah, nanti pengajar-pengajarnya kayak gimana ya?."

"Duh, bagaimana sih supaya aku bisa mempelajari semua mata pelajaran ini?."

"Kayaknya nilaiku bakalan jelek deh kalo pelajarannya susah dipahami kayak gini."

"Aku gagal paham deh sama mata pelajaran ini, rasanya mumet dan banyak banget materinya."

Kamu gak perlu khawatir deh, pasti ada saja kok kiat-kiat agar suasana belajarmu menjadi lebih mudah dan terstruktur rapi. Namun sebaiknya hindari pola pikir yang pesimis apalagi kamu belum mulai masuk ruang kelas dan mencoba mempelajari materi-materi barumu itu. Jika awal tahun ajaran baru saja sudah berprasangka buruk, bagaimana nanti kamu akan menyenangi dan semakin semangat belajar hingga akhir semester?.

Agar suasana belajarmu lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan efektif bahkan berjalan baik dan berakhir dengan mendapatkan nilai yang sempurna, berikut ini adalah 7 kiat yang patut kamu tiru. Mari disimak yuk. 

1. Senangi dan Hormati Pengajarmu
Banyak loh yang berpendapat jika pengajarnya tidak asik maka pelajarannya menjadi tidak menarik dan terasa menjenuhkan. Padahal kegiatan belajarmu akan semakin maksimal jika kamu aktif di kelas dan memberikan respon positif kepada pengajarnya. 

Jika kamu merasa pengajarnya saat memberikan materi pelajaran memang tampil monoton dan membosankan, ada baiknya kamu mengatasinya dengan melakukan pendekatan atau memberikan kritik maupun saran agar suasana kelas kondusif dan menarik. Jika ternyata kurang berhasil, kamu bisa mencari cara lain dengan meminta bantuan pengajar lain untuk membantumu belajar di luar kelas.

2. Buatlah Catatan Menarik dan Penuh Warna
Menulis dengan tangan cenderung membuatmu mengingat pelajaran semakin lebih mudah loh. Sesaat atau setelah pengajar menerangkan materi pelajaran, ada baiknya kamu sekaligus langsung membuat catatan berupa ringkasan atau rangkuman penting ke dalam sebuah agenda pribadimu.

Buatlah catatan semenarik mungkin dengan menggunakan pulpen atau spidol warna-warni misalnya dengan membubuhkan highlighter di setiap judul agar kamu mudah mencari kata kuncinya ketika ingin mempelajari ulang. Tulislah catatan dengan rapi menggunakan huruf dan warna yang berbeda agar tampak bervariasi. Misalnya tuliskan judul dengan huruf yang lebih besar dan spidol dengan warna lebih terang, sedangkan sub judul dituliskan dengan huruf lebih kecil dan spidol dengan warna lebih gelap. Hal ini selain agar agendamu tampak terlihat menarik, kamu sekaligus dapat menuangkan kreativitas penuh warna dalam hal tulis-menulis.

Buku Catatan Mata Pelajaran

3. Gunakan Peta Konsep 
Buat kamu yang terbiasa menulis catatan yang lebih simpel dan tidak bertele-tele, kamu juga bisa loh menggunakan peta konsep. Biasanya peta konsep atau dikenal juga dengan sebutan mind map terdiri dari suatu gelembung atau kotak yang di dalamnya dituliskan tema penting yang kemudian dikaitkan dengan cabang-cabang seperti beberapa garis sub tema yang merupakan spesifikasi yang lebih luas. Dengan dibuatkan catatan seperti peta konsep ini, ingatanmu akan jauh lebih kuat dan juga dapat mengasah kreativitasmu dalam belajar.

Contoh Peta Konsep (Sumber : https://syuhada.net/contoh-peta-konsep/)

4. Rajin Membaca Buku 
Jika ingin memperoleh hasil belajar yang maksimal, jangan lupa loh bahwa buku adalah jendela dunia. Tidak hanya mendengarkan para pengajar menerangkan materi, kamu juga tetap perlu membaca buku untuk mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak kamu ketahui atau mungkin terlewatkan diterangkan oleh para pengajar di kelas akibat waktu mengajar yang terbatas. 

Nah, supaya buku-buku yang telah kamu baca tidak terlewatkan bagian pentingnya, kamu bisa juga menegaskannya dengan stabilo dengan warna-warna cerah atau tempelkan kertas post it kecil dengan sedikit catatan tulisan tanganmu. Hal ini berguna untuk mempermudahkanmu dalam mencari atau mempelajari ulang ketika telah mendekati waktu ujian. 

5. Rekam dan Lagukan Materi Pelajaran
Heran gak sih kenapa kamu bisa menghafal sebagian besar lagu top atau best seller, baik itu lagu lokal maupun  mancanegara?. Hal ini ternyata berlaku juga nih dalam kegiatan belajarmu apalagi jika kamu memang suka dengan kegiatan karaoke.  

Kamu bisa rekam suaramu saat belajar dan dendangkan sesuai lagu favoritmu menggunakan handphone atau alat perekam suara lainnya. Jadi saat belajar seolah-olah kamu sedang bernyanyi namun musiknya dipilih sesuai lagu favoritnya. Dengan demikian, belajarnya pasti menjadi lebih fun dan kamu tetap fokus dengan kata-kata pada materi pelajaran walaupun terdapat unsur musik di dalamnya. 

6. Ciptakan Kelompok Belajar
Jika kamu salah satu pribadi yang lebih senang belajar bersama daripada sendirian di rumah, cobalah atur suatu kelompok belajar yang bisa diterapkan di luar jam pelajaran di kelas. Hal ini selain demi menghasilkan suasana yang tidak terkesan membosankan juga bisa dijadikan ajang tukar pikiran, pendapat, sekaligus mempererat persahabatan. Oiya, sebaiknya kamu pilih teman belajar yang memang ahli di bidang atau materi pelajaran tersebut ya supaya kamu mendapatkan saran atau informasi yang jauh lebih banyak lagi dari teman-temanmu yang memang lebih fasih ilmu pengetahuannya. 

7. Maksimalkan Teknologi
Zaman sudah semakin canggih, makanya kamu bisa loh belajar sambil membuat sebuah blog edukasi. Teknik menulis catatan yang berbasis teknologi dan lebih modern bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan media blog yang memudahkanmu dalam membuat karya tulis pembelajaran dan menghasilkan banyak artikel. Tapi jangan heran dengan banyaknya pembaca yang tertarik dengan artikelmu karena bisa jadi malah menjadi sumber tambahan uang saku atau bahkan penghasilan utamamu kelak. Dengan semakin banyak pembaca maka semakin banyak pula kamu mendapatkan pemasukan dana. Kegiatan belajarnya berjalan, aliran penghasilan juga bisa kamu peroleh. Asik kan?.

Nah, kira-kira dari 7 kiat belajar tersebut di atas, kiat yang mana nih yang paling banyak kamu sukai ?. Boleh loh share kiat kamu belajar lebih mudah dan efektif pada kolom komentar di bawah.



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...