Monday, 3 June 2019

4 Persiapan Penting Untuk Menyambut Lebaran

Tanpa terasa hari Lebaran 1440 Hijriah akan segera tiba. Momen ini tentu saja dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia. Hari kemenangan inipun akan lebih terasa sempurna jika dirayakan bersama seluruh anggota keluarga.

Lalu apa saja sih persiapanmu dalam rangka menyambut hari Lebaran ?. Sesungguhnya banyak hal yang sederhana bahkan tidak perlu menghabiskan banyak dana agar tidak memberikan kesan yang berlebihan. So, berikut ini adalah 4 persiapan penting yang perlu kamu lakukan demi menyambut hari Lebaran dan berbagi kebahagiaan.

1. Bersih-bersih Rumah
Bersih-bersih rumah adalah hal yang wajar dilakukan sebelum kamu merayakan Lebaran. Hal ini bahkan telah menjadi tradisi bagi beberapa umat muslim di Indonesia setiap tahunnya bahkan dari zaman nenek moyang mengingat biasanya akan banyak tamu seperti saudara maupun tetangga yang datang berkunjung untuk bersilahturahmi di hari raya Idul Fitri. 

Bersih-bersih rumah bisa dimulai dari mengecat ulang dinding-dindingnya agar terlihat lebih cerah dan bersih. Jika memang tidak diperlukan mengecat ulang dinding rumah, kamu cukup membersihkan segala debu di setiap perabotan rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai rumah. Dengan rumah yang terlihat bersih dan rapi maka kegiatan silahturahmi di rumah akan lebih terasa nyaman dan asri. Rumah yang terlihat indah dan nyaman ketika dihampiri bisa jadi mencerminkan pemiliknya juga loh. Jadi jangan heran jika para tamu nantinya akan betah berlama-lama saat bersilahturahmi atau bahkan akan sering mampir ke rumahmu. 

2. Menyiapkan Hidangan Makanan dan Minuman 
Pada hari Lebaran tentu akan banyak sekali tamu yang hadir untuk bersilahturahmi sehingga tak mungkin kamu tidak menyiapkan hidangan makanan dan minuman. Maka dari itu menyiapkan bahan untuk dimasak adalah hal yang sangat penting apalagi setelah sebulan berpuasa. Adapun tradisi setiap tahunnya ketika Lebaran yakni mempersiapkan ketupat dan opor ayam disertai minumannya seperti es sirup yang beraneka rasa. Tidak lupa pula untuk menyediakan beragam jajanan dan kue lebaran di setiap meja sebagai menu cemilan. Dengan banyaknya hidangan yang disajikan kamu juga sekaligus berbagi kebahagiaan di hari kemenangan.

3. Menyiapkan Amplop Berisi THR
Hari Lebaran identik dengan berkumpul dengan keluarga, baik keluarga yang lokasinya dekat maupun keluarga yang memang datang dari lokasi jauh. Biasanya saat sedang berkumpul, akan ada kakek, nenek, om, tante, sepupu, maupun keponakan. Makanya jangan sampai lupa menyediakan amplop-amplop yang sudah berisi THR atau Tunjangan Hari Raya yang isinya sudah dipecah dalam bentuk lembaran uang-uang baru.

Tradisi bagi-bagi THR ini dilakukan dari orang yang lebih tua terutama yang telah bekerja untuk anak-anak yang lebih muda bahkan juga bisa dibagikan kepada orang yang sudah sepuh dan sudah tidak bekerja lagi.  Kamu juga bisa loh berbagi THR kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Tapi pastikan untuk tetap memperhatikan anggaranmu ya, sehingga dalam membagi-bagikan THR diberlakukan sistem yang adil alias jangan ada yang tertinggal atau terlewatkan tidak dibagi. Walaupun demikian, isi dalam setiap amplopnya perlu disesuaikan kecukupanmu.

4. Menyiapkan Baju Lebaran 
Suasana hari Lebaran sebagai hari yang perayaan kemenangan akan sangat cocok jika kita mengenakan baju yang disesuaikan dengan tema yang suci. Kenakan baju Lebaran seperti baju muslim yang sudah dicuci bersih ketika hendak solat Ied maupun ketika akan berkunjung ke rumah-rumah tetangga, saudara, dan kerabat dalam rangka silahturahmi.

Baju Lebaran yang dikenakan tersebut tidak perlu yang baru melainkan tetap terjaga kerapiannya, terlihat sopan, serta nyaman dipakai. Jika kamu merasa ingin berbelanja baju Lebaran, pastikan agar tidak berlebih-lebihan atau boros serta tetap disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Oiya, suasana Lebaran terkadang akan semakin menarik jika baju-baju Lebaran yang dikenakan dicari dengan model kembar untuk sekeluarga loh. 

Jika kamu tidak ingin membeli baju baru, kamu bisa menggantinya dengan membeli bahan kain yang nyaman sesuai pillihanmu sendiri. Bahan kain tersebut harus dibeli dari jauh-jauh hari ya gunanya untuk memberikan kesempatan kepada tukang jahit menyelesaikannya beberapa hari sebelum Lebaran karena bisa jadi mereka membutuhkan waktu juga untuk mempersiapkan hari Lebaran bersama keluarganya. Bahan kain yang sudah dibelikan untuk seluruh anggota keluarga tesebut kemudian dijahitkan sesuai ukuran masing-masing. Dengan dikenakannya baju kembar satu sama lainnya, diharapkan semakin mempererat kerukunan dalam hubungan persaudaraan. 

Ucapan Selamat Lebaran.

Nah, itulah 4 persiapan penting untuk menyambut hari raya Lebaran 1440 Hijriah. Bagi kamu yang hendak berkunjung maupun kedatangan tamu saat kegiatan silahturahmi nanti agar tetap mempersiapkan dengan baik dan matang. Intinya sih, apapun persiapanmu menjelang hari Lebaran nanti, jangan lupa saling menjaga tali persaudaraan, tidak boros, dan jalani segala kegiatanmu dengan mengharapkan ridho dan keberkahan Allah SWT tanpa menghilangkan makna dalam merayakan hari kemenangan. 

Selamat merayakan hari Lebaran ya, mohon maaf lahir dan batin.


No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...