Sunday, 30 June 2019

Haruskah Konsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Kolagen ?

Kulit Wajah (Foto : jpnn.com)

Apakah teman-teman paham kolagen itu apa ?. Jadi kolagen adalah protein yang menyusun tubuh manusia yang keberadaannya sekitar 30% dari seluruh protein yang tersedia dalam tubuh kita. Kolagen merupakan struktur organik pembangun tulang, otot, sendi, gigi, serta kulit. Oleh sebab itu, kolagen diibaratkan sebagai sebuah lem yang berfungsi untuk merekatkan seluruh tubuh menjadi satu kesatuan.

Kolagen aslinya akan diproduksi oleh tubuh kita sendiri secara konsisten. Namun sayangnya kemampuan ini akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa penghambat fungsi kolagen yang paling banyak terlihat pada kehidupan sehari-hari misalnya seringnya terkena paparan sinar matahari, polusi udara, asap rokok, serta konsumsi minuman beralkohol.

Orang-orang yang tubuhnya kekurangan kolagen pun biasanya akan lebih mudah dikenali ciri khasnya seperti kulitnya yang terlihat mengendur, tipis, maupun tampak adanya garis atau kerutan pada wajah yang sering disebut dengan keriput. Wah, pasti tidak ada yang mau terlihat lebih tua atau tidak sesuai dengan usiamu seharusnya gara-gara sudah muncul banyak keriput malahan lebih mengharapkan selalu terlihat awet muda, sehat, dan bugar sepanjang hari kan. Untuk itulah kamu harus mengetahui lebih banyak manfaat dari kolagen.

Manfaat Kolagen
Berdasarkan sedikit uraian di atas, teman-teman sudah cukup paham kan mengenai apa itu kolagen serta dampak buruk jika kekurangan kolagen ? Sebagai tambahan agar kamu semakin yakin dengan pentingnya kolagen pada tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat kolagen yang perlu kamu ketahui sesuai informasi yang aku peroleh dari hellosehat.com :

1. Tingkatkan Sirkulasi Darah
Adanya kolagen dapat membantu tingkatkan aliran darah ke jantung sehingga semakin banyak oksigen dan nutrisi dikirim ke kulit agar tampak sehat, muda, dan segar.

2. Kurangi Selulit
Selulit muncul karena jaringan lemak mendesak ke atas menembus serat hingga lapisan kulit  teratas. Dengan adanya kolagen maka akan membantu mengurangi selulit secara langsung dari tubuh karena mampu mempercepat regenerasi serat dalam kulit yang rusak.

3. Kurangi Keriput
Keriput itu alaminya akan tampak lebih jelas seiring dengan bertambahnya usia. Nah, gejala penuaan dini ini akan dapat dicegah oleh bantuan kolagen sebagi proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

4. Meringankan Nyeri Rematik
Kolagen dapat berfungsi sebagai penambah kelancaran mobilitas sendi dan kurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi maupun otot.

5. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Kolagen ternyata juga merupakan komponen utama pertumbuhan rambut loh, sehingga fungsi kolagen lainnya adalah melawan radikal bebas yang dapat mempengaruhi tekstur, pertumbuhan, dan ketebalan rambut.


Solusi Tingkatkan Kolagen

Dengan manfaat kolagen yang luar biasa tersebut terutama demi mengatasi masalah penuaan dini, sebaiknya kamu sudah mulai memperhatikan gaya hidup sehat serta meningkatkan asupan makanan dan minuman yang mengandung kolagen. Hal ini bisa dimulai dari usia 20-an tahun kemudian lebih ditingkatkan lagi ketika usiamu sudah 30 tahun ke atas.

Demi terlihat awet muda, kamu bisa loh memperoleh tambahan produksi kolagen tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Kamu hanya perlu rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung berbagai zat terutama vitamin C, vitamin A, tembaga, omega 3, anthocyanidins, dan proline yang dapat meningkatkan produksi kolagen. 

Untuk mempermudahkanmu memperoleh asupan kolagen, berikut adalah jenis-jenis makanan berkolagen yang perlu kamu ketahui : 

1. Ikan 
Ikan kaya akan asam omega 3 yang baik untuk melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulitmu untuk mempertahankan struktur kulit tetap kencang.

2. Tomat
Semua sayuran berwarna merah salah satu contohnya adalah tomat sangat kaya akan likopen sebagai anti oksidan yang dapat meningkatkan kolagen. Selain tomat, kamu juga bisa mencari pilihan lainnya seperti paprika merah, stroberi, atau semangka.

3. Bayam
Bayam selain kaya vitamin C juga kaya vitamin A untuk membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Bayam kaya vitamin C dan vitamin A (Foto :  Shutterstock)


4. Bawang Putih 
Bawang putih biasanya dijadikan bahan pelengkap pada masakanmu. Fungsi bawang putih bisa membangun ulang serat kolagen yang rusak karena kandungan sulfur alami sekaligus taurine dan asam lipoat.

Bawang Putih Pembangun Serat Kolagen (Foto : Pinterest)


5. Alpukat
Buah sumber asam omega 3 ini sangat kaya vitamin E yang fungsinya untuk menangkal radikal bebas.

6. Kedelai 
Kedelai selain kaya protein juga mengandung hormon tumbuhan genistein yang mampu meningkatkan kolagen, menghambat enzim penuaan, dan menguatkan kulit. Kamu juga bisa dapatkan manfaat kolagen dari kacang-kacangan seperti mede dan kacang tanah. 

Nah, bagi kamu yang tidak sempat menyiapkan bahan yang mengandung kolagen tersebut di atas, jangan khawatir ya karena saat ini sudah banyak sekali suplemen maupun minuman berkolagen yang cukup baik bila dikonsumsi setiap hari. Suplemen berkolagen yang bisa aku rekomendasikan misalnya ada Blackmores Radiance Marine, Hemaviton Collagen Asta Advanced, atau Shiseido The Collagen Tablet. Namun demikian, masih banyak suplemen merek lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu dengan harga yang cukup variatif mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Tapi ingat, kamu juga perlu mengetahui beberapa kondisi seperti bagaimana aturan pemakaian serta anjuran dari dokter jika memang ada.

Untuk minuman berkolagen yang aku ketahui, ada yang dikemas secara instan berupa botolan mungil sekali minum maupun yang berbentuk bubuk. Aku rekomendasikan beberapanya seperti Diva Beauty Drink, Glumory Collagen, Everwhite Hi Collagen Drink, Collaskin Collagen Drink, atau Infused Collagen The Beauty Bites yang tentu saja bisa kamu cari di toko-toko offline maupun online. Harga yang ditawarkan juga variatif mulai dari yang harganya standar sekitar belasan sampai puluhan ribu bahkan ada yang terbilang mahal hingga ratusan ribu rupiah.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.



No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...