Sunday, 2 June 2019

Doa dan Harapan Ketika Ramadhan

Doa dan harapanku di bulan Ramadhan (Foto ilustrasi : Dream)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan seluruh umat muslim di dunia karena merupakan bulan yang paling spesial dibandingkan bulan-bulan lainnya. Alasan yang paling utama adalah di bulan inilah banyak sekali doa yang diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT. Makanya tak heran jika bulan Ramadhan diartikan juga sebagai bulan yang penuh rahmat atau bulan penuh ampunan. 

Sebagai makhluk ciptaan Allah, tentu kita tidak akan luput dari dosa dan kesalahan-kesalahan selama di dunia karena memang tiada makhluk yang sempurna selain Allah SWT. Dengan diberikan kesempatan hidup di bulan Ramadhan, maka kita selayaknya beribadah dengan khusyuk, dan memohon doa sebanyak-banyaknya yang juga terkandung banyak harapan di dalamnya. Begitu pula denganku yang pasti memiliki banyak kelalaian dalam beribadah, bertutur kata, dan berkegiatan sehingga pantaslah aku memohon doa dan juga harapan.

Untuk itu, berikut ini adalah sebagian kecil dari jutaan doa dan harapanku selama bulan Ramadhan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1 Nikmat Sehat
Tak ada yang lebih berarti selain nikmat sehat karena sehat adalah nikmat Allah yang paling mahal harganya.  Jika memiliki kondisi tubuh yang sehat, niscaya dalam berkegiatan seperti mencari nafkah, melaksanakan ibadah, dan melakukan hal-hal positif lainnya akan menjadi lebih terkontrol dan berjalan dengan lebih baik lagi.

Nikmat sehat tersebut dalam artian baik jika dilihat dari sisi jasmani maupun rohani. Dengan dicukupkan asupan makanan bergizi, akhlak yang terpuji, serta dinaungi selalu dalam kebahagiaan maka harapannya agar menjadikan kita sebagai manusia yang seharusnya banyak mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

2. Ampunan Segala Dosa
Kita sebagai hamba Allah yang tak pernah luput dari kesalahan sudah sepantasnya memohon ampun kepada Allah SWT terutama di bulan Ramadhan ini. Seperti halnya bayi yang baru dilahirkan, dengan banyaknya ibadah yang khusyuk, puasa selama sebulan penuh, lantunan doa-doa maka di bulan penuh kemuliaan ini dosa-dosa kita diharapkan akan dihapuskan dan menjadi mahkluk yang bersih kembali lahir dan batin.

3. Pahala Berlimpah
Jika selama bulan Ramadhan kita beribadah dengan mengharapkan pahala, niscaya Allah akan memberikan pahala berlipat ganda kepada meraka yang bersungguh-sungguh. Sama seperti umat muslim lainnya, aku pun berusaha mengejar banyak kebaikan, sedekah, rajin beribadah, dan berkegiatan positif lainnya dengan harapan agar pahala dilipatgandakan di bulan penuh berkah ini.

4. Keluarga Dipenuhi Kebahagiaan 
Doa dan harapanku selanjutnya agar keluarga besar selalu dilindungi oleh Allah SWT, senantiasa mengingat bahwa kita hidup di dunia ini hanyalah sementara agar kebahagiaan yang sejati selalu datang jika kita selalu didekatkan dengan Allah SWT serta tidak melupakan kewajiban sebagai umat muslim dalam melakukan segala kegiatan di dunia ini harus sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran agamaNya. Selain itu, agar kita juga selalu dijauhkan dari orang-orang jahat maupun yang sering berprasangka buruk.

5. Rezeki Dicukupkan 
Apalah artinya mengejar kehidupan di dunia tapi tidak ditujukan pula untuk membantu sesama. Cukup jelas jika penghasilanmu selama bekerja akan habis oleh kebutuhan yang tidak berkesudahan, namun rezeki berbeda dengan penghasilan yang bisa sana datang di saat tak terduga atau ketika kamu membutuhkannya. Oleh karena itulah di bulan Ramadhan ini aku selalu berdoa agar selama diberi kesempatan hidup di dunia ini agar selalu diingatkan untuk banyak berbagi ke sesama, tidak berlaku curang, apalagi pelit. Maka diharapkan ketika nanti kita membutuhkan suatu apapun, rezeki akan didatangkan oleh Yang Maha Kursa.

6. Perbaikan Tumbuh Kembang Anak
Aku, seorang ibu dari anak kebutuhan khusus sudah pantas jika menginginkan anak yang soleh, cerdas, baik bagi bangsa dan negara, dan sebagainya. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan di bulan Ramadhan ini, aku pun berdoa agar anakku yang saat ini menuju usianya yang ke-4 tahun agar tumbuh dengan kondisi yang lebih baik lagi, dimudahkan dalam terapinya, disembuhkan segala penyakitnya, selalu dilindungi setiap langkah gerakannya. Semoga nantinya anakku bisa sekolah sebagaimana mestinya, belajar agama dan ilmu pengetahuan layaknya anak seumurannya. 

7. Menjadi Manusia Penuh Ketakwaan dan Bijak 
Doa dan harapan terakhir yang bisa aku jabarkan adalah berharap agar selalu ditingkatkan ketakwaan, selalu meningkatkan kualitas ibadah, dan memperbaiki akhlak menjadi lebih baik lagi. Hal ini berlaku untukku dan juga seluruh angola keluargaku agar menjadi manusia pandai dan bijak dalam berperilaku. Tidak hanya mengikuti hawa nafsu sesaat melainkan tetap teguh beraktivitas mengikuti ajaran agama Islam.

Begitulah kira-kira beberapa doa dan harapan yang bisa aku uraikan di bulan Ramadhan 1440 Hijriah pada tahun 2019 ini. Semoga doa, harapan, serta seluruh amal ibadah kami diterima oleh Allah Sang Maha Menentukan. 

Ya Allah Yang Maha Pencipta, ampunilah dosa dan kesalahan kami dan kabulkanlah doa-doa kami. Semoga kami semua semakin termotivasi untuk menjalankan perintahMu dan menjauhi segala laranganMu, serta dipertemukan kembali oleh Ramadhan pada tahun-tahun berikutnya. Aamiiiin. 





No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...