Wednesday 28 February 2018

Situs Belanja Online Mudah, Aman, dan Terpercaya

Hai sobat, kali ini aku mau menjelaskan plus & minus belanja online pada situs-situs yang biasa aku gunakan setiap bulannya.

Kalian pasti setuju, era zaman now, belanja online ternyata semakin digemari. Selain itu, tidak sedikit pula masyarakatnya yang mulai menggandrungi kelebihan dari teknologi berbasis android tersebut untuk dapat memanfaatkan situs maupun aplikasi yang bisa diunduh di handphone masing-masing untuk kepentingan yang saling menguntungkan. Hanya dengan bermodalkan laptop maupun telepon seluler genggam, masyarakat sudah bisa menambah penghasilan dengan berjualan di lapak-lapak yang situsnya bahkan sudah mulai beragam saat ini. Tentu saja, dengan banyaknya yang mengetahui kemudahan cara kerja situs belanja online ini yang memjadikan persaingan antar seller juga menjadi semakin meningkat. Maka tidak hanya karena harga barang yang lebih murah saja, melainkan kualitas barang, keaslian, respon seller dalam menanggapi pertanyaan buyer, serta kecepatan pengiriman ke lokasi yang diminta adalah yang menjadikan toko online kamu menjadi yang terbaik dan pastinya akan terus mendapat pelanggan tetap. 

Nah, dengan adanya lapak-lapak online tersebut, berbelanja menjadi hal yang tidak membuang-buang waktu lagi untuk masyarakat yang sekarang dipenuhi dengan kehidupan yang serba instan. Caranya penggunaan aplikasinya sangat mudah, setelah mengunduh dari , kita hanya perlu klik aplikasi setelah lakukan registasi. Tampilannya sudah langsung disuguhi dengan beragam pilihan barang dari toko-toko online yang kamu incar. Barang dengan harga sesuai dan murah bisa langsung cepat kamu dapatkan. Dari segi barang apa saja yang biasa kamu cari juga beragam, ada produk lokal maupun luar negeri, mulai dari yang makanan-minuman siap saji, pakaian wanita, pakaian pria, kebutuhan anak-anak mulai dari susu, pampers, mainan, aksesoris, alat makeup, elektronik, gudget, perkakas mobil, alat dapur, dan lain sebagainya. Pembayarannya sudah bisa mudah dan cepat dikonfirmasi dengan adanya layanan virtual account untuk dilanjutkan ke proses pengirimannya dari beberapa ekspedisi yang kita pilih sendiri juga. Harga pengirimannya pun langsung dapat terlihat sesuai dari jumlah barang, berat barang, maupun lokasi tempat tinggal. 

Nah, maka dari itu, di sini aku mau menjelaskan beberapa perbedaan dari beberapa situs belanja maupun aplikasi berbasis online yang biasa aku gunakan sehari-hari setiap bulannya.

1. Lazada
Online shop bernama Lazada ini memulai peluncuran perdananya di tahun 2012, sebagai pelopor eCommerce di Asia Tenggara, sudah banyak barang-barang merek lokal maupun internasional yang bisa melayani para konsumennya. Lazada memiliki jasa ekspedisi tersendiri yang membuat para konsumennya percaya bahwa barang dari pihak Lazada sudah dipastikan diterima ke tangan konsumen yang tepat dengan baik. Selain itu, di Lazada sendiri ada beberapa kerjasama dengan seller yang membuka sistem pembayaran "Cash On Delivery". Jadi, setelah konsumen yakin telah menerima barang orderannya dengan baik, maka pihak Lazada baru akan memperoleh pembayarannya di tempat. Aku paling senang belanja elektronik di Lazada, misalnya saja terakhir aku membeli laptop, selain pilihan merek yang aku incar memang ada dan terbilang harganya cukup murah ketimbang di tempat lainnya, adanya jasa pembayaran dengan sistem cicilan yang bisa dipilih 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga 0% tentu sangat membantuku mengatasi kecukupanku dalam kebutuhan sehari-hari. Yang membuat aku senang belanja di Lazada lainnya, karena selain sering mendapati gratis ongkos kirim juga seringnya tersedia diskon khusus. Ada pula sistem cashback atau kupon di saat-saat tertentu..  

2. Tokopedia
Fitur belanja online murah dan mudah yang aku rekomendasikan selanjutnya adalah Tokopedia. Harga-harganya jauh lebih murah dengan adanya pilihan pembelian dengan harga grosir. Selain itu, kapasitas dari aplikasinya juga tidak berat. Sayangnya produk luar negeri masih terbilang kurang banyak ketimbang produk lokalnya. Beberapa kali belanja di Tokopedia, pengirimannya juga termasuknya cepat dibantu dengan beberapa ekspedisi yang menurut aku lebih bisa kamu dapati variasinya yang bisa kamu pilih sendiri. Misalnya JNE, J&T, TIKI, Wahana, Pos Indonesia, Gosend, dan lain-lain dengan pilihan paket kilat, yes, maupun standar reguler. Untuk amannya, lebih baik saat kamu memilih barang-barang yang ingin kamu beli di toko-toko online di Tokopedia, pastikan toko tersebut yang sudah memiliki tanda bintang dan banyak pelanggan dan testimonialnya untuk mengantisipasi terhindar dari barang-barang tidak layak jual, seringkali rusak tampak tidak berfungsi, atau bahkan tidak terjamin keasliannya. Di Tokopedia ini banyak juga barang-barang second yang dijual sehingga sebelum tergiur dengan harga murah coba dicek kembali apakah baru itu baru atau bekas, ya.

3. Shopee
Akhir-akhir ini aku lagi senang nih belanja di Shopee. "Kenapa begitu??". Hehe, selain karena tampilan aplikasinya sangat cerah penuh warna, kebutuhan yang paling aku cari-cari juga rata-rata ada banget di sini. Di Shopee, terdapat juga tawaran gratis ongkos kirim dengan batas nominal tertentu, Misalnya jika belanja minimal Rp. 70.000,- maka orderan kamu digratiskan ongkos pengirimannya. Mungkin intensitas belanjaku di Shopee bisa mencapai 4-5 kali dalam sebulan. Barang yang aku beli diantaranya kebutuhan anak seperti pampers, susu, mainan, dan baju anak. Kebutuhan pribadi aku seperti baju pesta, kosmetik, kebutuhan dapur, dan tidak ketinggalan kebutuhan suami juga banyak yang aku beli dari toko-toko di Shopee, seperti batik, celana jeans, sepatu, maupun keperluan otomotifnya. Oiya, yang aku senangi lagi dari Shopee, setiap belanja, kamu bisa memperoleh koin dari masing-masing toko online tempat pilihan kamu berbelanja. Koinnya ada ratusan bahkan ribuan rupiah tergantung nominal belanja kamu. Nah, semakin kamu sering belanja, semakin banyak pula koin yang bisa kamu peroleh menjadi pundi-pundi yang bisa kamu belanjakan lagi selanjutnya. Sempet juga aku ada kasus kehilangan barang orderan aku dari pihak ekpedisi yang aku pilih di Shopee. Tertera pada sistem Shopee bahwa barang sudahselesai proses pengiriman. Keterangannya telah terkirim atas nama aku sendiri 2 hari setelah aku order, padahal saat itu aku sedang tidak di tempat. Sontak aku melayangkan garansi dari Shopee setelah mengajukan pengaduan pada pihak ekspedisinya. Kurang lebih 21 hari kerja, setelah mengajukan pengembalian dana dari pihak JNE, tim Shopee juga sangat membantu dalam penyelesaiannya setiap harinya. Berdasarkan kronologis serta investigasi pencarian bukti-bukti dari pihak ekspedisi, seller, dan juga buyer, maka didapati hasil akhir bahwa barang orderan hilang oleh pihak ekspedisi sehingga penggantian biaya barang hilang tersebut ditujukan ke pihak ekspedisi. Dana barang orderan aku yang hilang pun langsung dikembalikan pada hari itu juga. Dananya sudah tertera pada ShopeePay pada akun Shopee aku. Dari situlah, aku percayakan selalu belanja online di Shopee karena baik admin dan tim-tim yang bekerja memang berdedikasi mengutamakan pelayanan dan sangat bertanggungjawab atas pelanggannya, benar-benar online shop dengan garansi yang aman, deh!.
  

Nah, tiga lapak belanja online tersebut di atas yang ga mungkin tidak dikenal lagi yang bisa aku rekomendasikan saat ini. Semoga kamu juga senang berbelanja online pada ketiga aplikasi tersebut di atas, ya. Hanya tinggal unduh aja di smartphone kamu, daftar, terus barang-barang yang kamu butuhin bisa langsung di-search untuk dibeli. Tuuuh praktis, kan. Happy shopping, guys.


No comments:

Post a Comment

Para Blogger Pasti Paham, Berikut 5 Alasan Blog Pribadi Tak Kunjung Update

 “Kok blog kamu jarang update , emang udah enggak aktif lagi, ya?” “Ngakunya blogger, tapi kok blog kamu malah jarang ter- update , sih?” ...