Thursday, 2 April 2020

Wabah Corona? Kamu Bisa Bantu Mengurangi Penyebarannya Dengan Cara-cara Ini

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa wabah Corona atau Covid-19 yang konon katanya ditularkan oleh hewan yang berasal dari pusat perbelanjaan di Wuhan, China memasuki awal tahun 2020 lalu, saat ini telah berhasil menyebar ke negara-negara lainnya termasuk Indonesia. Diketahui pula, negara-negara yang terdampak virus Corona terparah adalah negara-negara yang tergolong lebih maju misalnya Amerika, Italia, dan Spanyol terhitung dari banyaknya jumlah korban yang dinyatakan meninggal.

Nah, ternyata penyebaran virus Corona ini tidak hanya berasal dari percikan saja, loh. Dilangsir dari CDC, virus Corona ini bahkan bisa bertahan berjam-jam di permukaan benda mati atau bahkan berhari-hari lamanya. Jadi, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui cara-cara pencegahan virus ini agar tidak terus menyebar antarmanusia apalagi vaksinnya belum juga ditemukan walaupun di beberapa negara tertentu sedang berlomba-lomba untuk segera menciptakannya.

Untuk itu, selama kita masih menunggu vaksin itu berhasil muncul ke permukaan, berikut ini adalah beberapa cara simpel yang bisa dipraktikkan demi mencegah terinfeksi virus Corona. 

1. Menjaga Jarak (Physical Distancing)
Setiap individu harus memiliki kesadaran untuk menjaga diri masing-masing, keluarganya, serta terhadap orang lain dengan cara mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan tidak ikut menyebarkan virus Corona. Cara ini terbukti efektif sebagai langkah menghentikan penyebarannya. Maka, terapkan jaga jarak antar individu minimal 1 meter tidak hanya di tempat-tempat umum tapi juga di rumah.

2. Rajin Mencuci Tangan 
Cara pencegahan virus Corona yang paling penting dan cukup mudah adalah dengan rajin mencuci tangan. Hal ini karena tangan adalah sarang penyebaran utama sebanyak sekitar 98 persen. Lalu, jika harus berpergian dan tidak bisa mencuci tangan dengan mudah, bawalah hand sanitizer di saku pakaian atau tasmu. Gunakan hand sanitizer secukupnya setiap kamu menyentuh barang-barang apapun di jalan.

Lebih seringlah mencuci tangan dengan sabun setiap selesai melakukan kegiatan yang mengharuskan kamu untuk menyentuh benda-benda yang dianggap kurang aman kebersihannya, ingin makan atau minum, dan melakukan aktivitas lainnya supaya kamu memiliki risiko terendah terjangkit penyakit  akibat kuman, bakteri, maupun virus. 

Langkah-langkah mencuci tangan (www.pinterest.com)

3. Hindari Menyentuh Area Wajah
Sangat perlu untuk kamu ketahui bahwa virus Corona sangat mudah menyerang tubuh melalui area segitiga pada wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

Oleh karena itu, hindarilah menyentuh wajah sebelum kamu selesai mencuci tangan apalagi sesudah menyentuh barang-barang atau tanpa sengaja melakukan kontak fisik seperti bersalaman agar terhindar penularan virus Corona.

4. Pakai Masker Wajah Saat Bepergian Keluar Rumah
Jika kamu terpaksanya harus keluar rumah demi membeli barang-barang kebutuhan pokok, rumah sakit, dan lain sebagainya, jangan lupa kenakan masker wajah dan tidak melepasnya secara sembarangan karena virus Corona bisa saja berada di udara bebas di sekitarmu.

5. Tak Perlu Berjabat Tangan Apalagi Berpelukan
Ketika terpaksanya keluar rumah dan bertemu dengan kerabat, hindari berjabat tangan apalagi kontak lainnya seperti berpelukan. Baiknya lakukan tegur sapa saja dalam radius sekitar 1 meter dan tentu saja jangan memakan waktu lama untuk mengobrol karena kamu tetap wajib menerapkan pencegahan penularan virus Corona antarmanusia.

6. Pahami Etika Batuk dan Pilek
Jika kamu merasa kondisi tubuh sedang tidak fit atau terserang batuk dan pilek, tutuplah hidung dan mulutmu ketika sedang batuk atau bersin dengan tangan maupun tisu. Atau akan lebih baik lagi jika kamu tetap menggunakan masker wajah agar orang-orang yang berada di sekelilingmu tidak terkena percikan air liurmu. Jangan lupa untuk mencuci tangan lebih sering dan konsultasi ke dokter untuk memperoleh penanganan kesehatan berupa obat-obatan yang tepat untuk dikonsumsi.

7. Gunakan Barang-barang Milik Pribadi
Baik di dalam maupun di luar rumah, sebaiknya kamu menggunakan barang-barang milik pribadi karena virus Corona mampu bertahan berhari-hari di permukaan benda mati. Sangat penting bagimu untuk tidak pinjam-meminjam dan menggunakan peralatan sendiri seperti alat makan, earphone, ponsel, sisir, dan lain sebagainya sebagai tindakan mencegah tertularnya virus Corona.

8. Mengurangi Menghadiri Acara-acara Dengan Anggota Berjumlah Besar 
Pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia telah menghimbau rakyatnya agar tidak menghadiri acara-acara dengan jumlah anggota yang cukup banyak atau bergerombol. 

Pandemi virus Corona ini diharapkan segera berakhir jika kamu turut mentaati untuk tidak mendatangi tempat-tempat umum seperti makan, tempat ibadah, gedung olahraga, gedung pertemuan, dan lain sebagainya.

9. Membersihkan Perabotan di Rumah
Kamu tak hanya wajib menjaga kebersihan tubuh saja. Dikarenakan virus Corona juga bisa bertahan beberapa hari di permukaan benda mati, hendaklah kamu juga membersihkan perabotan rumah secara teratur terutama pada daerah-daerah yang rentan tersentuh seperti gagang pintu, meja, laptop, ponsel, saklar listrik, dan sebagainya.

10. Konsumsi Asupan Sehat Untuk Tingkatkan Imunitas
 Selain menghindari stres, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral juga dapat memeperkecil virus Corona mampir ke dalam tubuh karena telah menjaga sistem imunitas dengan baik. 

11. Berjemur Sinar Matahari
Ternyata sinar matahari juga diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh karena membuat tubuh menghasilkan sumber vitamin D yang bagus dalam menciptakan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, berjemurlah sekitar 15-30 menit lamanya di pagi hari agar kamu dapat terhindar dari serangan bakteri, kuman, maupun virus. 

12. Tetap di Rumah Saja
Sejak 3 minggu terakhir, semua sekolah telah memberlakukan sistem belajar di rumah saja. Selain itu, beberapa perusahaan pun juga memberlakukan sistem bekerja dari rumah saja karena cara ini dianggap paling efektif menghentikan penyebaran virus Corona.

Adapun panduan-panduan yang perlu kamu ketahui ketika berada di rumah yaitu tidak mengadakan pertemuan seperti arisan, tidak perlu ke sarana kesehatan kecuali memang sudah darurat terutama bagi anak-anak atau lansia, serta berikan bantuan dan dukungan yang bisa berupa doa dan semangat melalui telepon atau situs pertemanan atau WhatsApp bagi anggota keluarga atau pasien terdekatmu yang kebetulan terinfeksi virus Corona.

13. Sering Membersihkan Layar Ponsel 
Ponsel adalah salah satu barang yang paling kotor karena sering terpegang oleh tangan. Oleh karena itu, seringlah membersihkan layar ponselmu dengan cairan yang telah memiliki kandungan alkohol cukup untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan virus yang bersarang. Cucilah pula tanganmu secara rutin ketika akan menggunakan ponselmu.

Semoga cara-cara untuk menghindari penyebaran virus Corona tersebut di atas telah kamu lakukan semua, ya? Semoga Indonesia segera berhasil memerangi wabah Corona ini. Salam sehat selalu.






No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...