Friday, 19 October 2018

Jika Kulit Berjerawat, Haruskah Mengoleskan Obat Jerawat yang Mengandung Salicylic Acid ?

Jika kamu memiliki kendala kulit yang sama sepertiku yaitu jerawat yang sering membandel, maka akan lebih tepat jika salicylid acid dimasukkan juga dalam salah satu produk kecantikan sehari-harimu. Namun biasanya tidak semua orang yang mudah berjerawat akan memilih produk yang mengandung salicylid acid terutama bagi ibu hamil maupun menyusui. Nah, sebelum aku kasih info tentang beberapa obat jerawat yang aku pakai, alangkah baiknya jika kita tahu sedikit penjelasan mengenai salicylid acid. Kenapa salicylid acid atau asam salisilat bisa memberiku kesan sebagai "obat dewa", ya?. Bagaimana menurut kamu yang juga sebagai pejuang jerawat?.

Jadi salicylid acid memang bermanfaat sekali untuk mengatasi masalah jerawat karena fungsinya mengeksfoliasi kulit serta membuang sel kulit mati. Selain itu yang paling penting adalah efeknya dapat menenangkan dan meredakan radang pada kulit, sekaligus mengecilkan pori-pori.

Mengutip dari https://www.cleanandclear.co.id/tentang-kulitmu/tips-trik/manfaat-salicylic-acid-untuk-atasi-jerawat, salicylid acid merupakan salah satu zat kimia yang terbuat dari karbohidrat kompleks pada pohon dedalu. Asal mula zat itu sendiri adalah dari nama latin pohon dedalu, yaitu salix. Salix ini biasa dijumpai pada aspirin sebagai pereda nyeri, tapi sering juga digunakan dalam sabun wajah untuk kulit berjerawat. 

Dengan sudah pahamnya segala kebaikan dari salicylid acid ini, sekarang saatnya aku info beberapa obat jerawat dengan kandungan salicylid acid dan mungkin bisa jadi pilihan kamu juga untuk mengatasi jerawat. Semua harga obat jerawat berikut ini cukup terjangkau karena kurang dari 100 ribu saja.

1. Acnol

Acnol terdiri dari 2 jenis, ada yang berbentuk lotion dan gel. Keduanya sama-sama bekerja untuk mengikis lapisan lapisan luar jerawat. Perbedaan keduanya adalah Acnol lotion mengandung sulfur, warna cairannya yang sedikit mendekati warna kulit, sedangkan Acnol gel mengandung tea tree oil, dan warnanya lebih bening.

Saat aku oleskan jerawatku dengan Acnol lotion, ada sedikit rasa perih dan dingin. Dengan kandungannya yang sulfur, efeknya ke kulitku jadi kering seketika. Lubang saat dibuka tutup botol Acnol lotion ini ternyata cukup lebar sebesar ujung telunjukku. Jika mengoleskannya dengan jari telunjuk, aku harus segera mencuci tangan agar tidak mengelupas karena terlanjur kering. Solusi agar jari telunjuk aman tidak  mengering, maka wajib mengoleskan lotion ini menggunakan cutton bud. Oiya, jangan lupa untuk mengocok botolnya terlebih dahulu agar ampas dari sulfurnya tercampur dengan baik.

Hasil setelah pemakaian Acnol lotion bisa terlihat tergantung jenis jerawatnya. Jika jerawat kamu masih baru dan sangat kecil, biasanya dioles dan didiamkan saat tidur di malam hari pun ketika bangun pagi harinya akan terlihat jerawatnya mulai reda. Namun, jika jerawatnya besar atau jerawat batu, butuh waktu minimal 3 hari sampai benar-benar kempes walaupun masih akan ada bekasnya sedikit karena memang membutuhkan waktu lebih lama sampai benar-benar hilang secara alami.

Kemasan Botol Acnol Lotion 

Untuk Acnol gel, karena warnanya bening, saat aku oleskan pada jerawat secara tipis membuatnya tidak terlihat seperti sedang memakai obat jerawat. Proses pengelupasan kulitnya juga tidak secepat saat aku menggunakan Acnol lotion. Bentuk kemasan Acnol gel lebih simpel karena berbentuk tube yang  hanya ditekan saja sampai cairan gel keluar untuk dioleskan ke jerawatnya. 

Jadi antara Acnol yang lotion maupun gel, proses exfoliasinya lebih cepat jika menggunakan yang lotion berkat kandungan sulfur di dalamnya untuk mempercepat proses pengelupasan kulit matinya.  Bahan yang tertera di kedua Acnol tersebut selain mengandung salicylid acid juga terdapat niacinamide atau bisa juga disebut nicotinic acid. Niacinamide adalah vitamin B3 yang berguna untuk mengencangkan kulit juga menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu juga sebagai pengontrol minyak berlebih agar pori-pori tidak tersumbat. Oleh karena itu, niacinamide ini bisa membantu memudarkan dan mencerahkan kulit yang tidak merata serta menyamarkan bekas jerawat kamu. Overall, kandungan salicylid acid dan niacinamide pada obat jerawat terbukti memberikan efek yang akurat.

Harga kedua Acnol yang masing-masing netto 10 gram ini murah sekali. Acnol lotion aku beli dengan harga sekitar Rp. 15 ribu saja, sedangkan Acnol gel sekitar Rp. 20 ribu saja. Kamu bisa membeli produk Acnol di apotek terdekat.


Kemasan Tube Acnol Gel 


2. Embun Acne Buster

Untuk obat jerawat yang satu ini, mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengenalnya. Produk ini diproduksi oleh Embun Natural yang mengeluarkan produk kecantikan wajah dan tubuh dan berlokasi utama di Bali. Semua produk dari Embun Natural menggunakan bahan-bahan alami dan essential oils. Slogan andalan Embun Natural yaitu "No Paraben, No SLS, No Phatalates, No Mineral Oil". 

Obat jerawat dari Embun Natural ini diberi nama Acne Buster, terbuat dari bahan aktif neem oil, dipercayakan sebagai salicylid acid alami yang mampu melawan kuman penyebab jerawat secara efektif. Jadi, salicylid acid atau asam salisilat ternyata memang solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati jerawat walaupun dari bahan non kimia sekalipun.

Neem bertindak untuk mengontrol produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori sebagai salah satu penyebab kulit menjadi mudah berjerawat. Selain neem, komposisi lainnya adalah coconut oil, cocoa butter, serta tea tree essential oil

Untuk pemakaiannya, ketika aku oleskan Acne Buster ke jerawat, tidak ada rasa dingin atau perih sama sekali. Bentuknya seperti balsem memudahkanku mengaplikasikannya ke jerawat, yakni cukup dioleskan saja dengan jari tangan. Acne Buster terbuat dari bahan-bahan alami sehingga masa awetnya hanya hitungan bulan saja jika disimpan di suhu udara biasa. Tapi, Acne Buster akan lebih awet sekitar 1 tahun jika kamu menyimpannya di dalam kulkas. Oiya, sayangnya komposisi dari Acne Buster tidak ada bahan pencerah noda bekas jerawat layaknya seperti kandungan niacinamide. Jadi obat jerawat ini murni dibuat untuk mencegah jerawat muncul ke permukaan kulit atau mengatasi jerawat agar tidak semakin membesar. 


Acne Buster dari Embun Natural

Acne Buster dari Embun Natural kemasannya 30 gram yang aku beli seharga Rp. 85 ribu saja melalui website resmi Embun Natural. Acne Buster ini baik untuk ibu hamil dan menyusui yang memiliki masalah kulit berjerawat agar dalam kondisi segar terawat dengan memilih produk kecantikan dari bahan yang alami tanpa memberikan resiko pada janin.

3. Acne Balm Morbeauty

Obat jerawat yang aku coba pakai selanjutnya adalah Acne Balm dari Morbeauty. Nah, aku menemukannya secara tidak sengaja di salah satu situs belanja online di Indonesia. Tidak menyangka bahwa Morbeauty merupakan produk kecantikan yang berasal dari Yogjakarta sejak tahun 2017, jadi karena masih sangat baru, makanya aku ga heran jika masih banyak yang belum mengetahui keberadaan obat jerawat ini.

Berawal dari inginnya menikmati produk yang sehat, baik, serta berkualitas, maka owner Morbeauty akhirnya menciptakan produk-produk kecantikan yang unggul karena bahannya yang dijamin aman dan alami. Salah satu produknya adalah Acne balm Morbeauty.

Acne Balm dengan kemasan 5 gram ini bentuknya stick. Penggunaanya cukup mudah karena hanya dengan mengoleskan saja ke jerawat tanpa bantuan jari tangan atau cotton bud. Morbeauty mengantikan kehebatan salicylid acid dengan bahan alami berupa turmeric essential oil high concentrate. Selain itu juga terdapat komposisi berupa sunflower seed oil, beeswax, shea butter, tea tree essential oil high concentrate. Untuk kandungan yang serupa dengan niacinamide, Morbeauty memanfaatkan carrot seed essentil oil high concentrate sebagai pencerah alami atau tabir surya. Sama halnya dengan Acne Buster dari Embun Natural, Acne Balm dari Morbeauty sangat aman untuk ibu hamil dan menyusui karena tanpa bahan kimia sama sekali. 

Acne Balm Morbeauty

Efek pertama saat pemakaian yang kurasakan, ada sensasi perih dan sedikit dingin akibat turmeric oil atau tea tree oil. Namun ternyata jerawatku berhasil kempes dengan maksimal. Membutuhkan waktu sekitar 2-5 hari saja hingga jerawat benar-benar hilang dan tidak muncul ke permukaan kulit. Walaupun masih ada bekas jerawatnya, aku masih bisa tetap mengoleskan Acne Balm ini agar noda hitamnya lebih cepat pudar. Acne Balm dari Morbeauty bisa kamu dapatkan dengan mudah karena sudah ada di beberapa situs belanja online dengan harga Rp. 85 ribu saja.  

Yup, obat jerawat tersebut di atas yang bisa aku rekomendasikan ke kamu. Semoga bisa berguna juga buat mengatasi jerawat kamu, ya. Ingin mengobati jerawat menggunakan Acnol lotion atau gelAcne Buster dari Embun Natural atau Acne Balm dari Morbeauty intinya semua obat jerawat tersebut memang the best keampuhannya dalam mengatasi jerawat, terutama untukku. 

Jika aku harus memilih dari semua jenis obat jerawat yang aku rekomendasikan tersebut, maka Acne Balm Morbeauty adalah juaranya dikarenakan khasiatnya yang efektif terasa bahkan semenjak pertama kali pemakaian. Selain itu ada unsur yang mencerahkan dan memudarkan noda bekasnya. Yang paling penting, bahannya semua dipilih alami sehingga aman dipakai tanpa khawatir adanya efek samping. Bentuknya juga simpel seperti sebuah lipstik, sehingga apabila jari tanganmu dalam keadaan kotor, ga perlu ragu untuk tetap mengoleskannya pada jerawatmu.

So, menurut kamu ada ga obat jerawat tersebut di atas yang menarik minat  untuk kamu coba?. Oiya, hasil setiap orang berbeda-beda, ya!. Pada pedomannya bahwa semua bahan apapun itu, entah zat kimia maupun alami, tetap bisa menimbulkan reaksi tersendiri ke kulit masing-masing. Jika setelah pemakaian salah satu obat tersebut selama kurang dari 1 minggu tapi jerawat kamu masih belum mendapati perubahan yang berarti atau bahkan tambah parah, ada baiknya kamu langsung hentikan pemakaiannya saja. 

Intinya setiap pejuang jerawat tetap harus pahami apa perbedaan purging atau breakout, ya. Dalam mengatasi jerawat hingga bersih total memang membutuhkan kesabaran karena perlu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan kecuali mau merogoh isi dompet lebih banyak untuk perawatan wajah ke klinik kecantikan dengan proses laser atau semacamnya tergantung anjuran dokter. 

Jadi, sudahkah kamu tentukan pilihan mau mencoba berjuang atasi jerawat dengan obat yang mana?. Semoga berhasil, ya!. 😊    




No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...