Monday, 17 May 2010

Tips Sukses Belajar Bahasa Asing



Halooooooooo!! Kali ini gw pengen nih nulis blog yang bukan cerita, kisah pribadi, tips kesehatan, melainkan tips belajar bahasa asing d(^_^)b.

Berhubung gw kuliah jurusan bahasa, jadi gw mau sedikit berbagi tips yang berguna buat lo semua yang pengen cepet bisa berbahasa asing (minimal pasif laaah) hehehe.... Jadi sebagai berikut penjabarannya :
  1. Senangi dulu bahasa asing yang pengen lo kuasai,
  2. Belajar kepada yang ahli, native, guru, kalo perlu (dan kalo ada dana) coba deh les di tempat yang sudah terbukti keunggulannya supaya lo bisa cepet meraih sukses keahlian bahasa asing yang lo minati tersebut,
  3. Kalo sudah dapet basic-nya, sering-sering deh nonton film berbahasa asing tersebut tanpa ada subtitle. Lo jadi berusaha untuk memahami kalimat yang diucapin si pemeran film itu. Kalo ada yang ga ngerti kan bisa di-play back, cari tau lagi kalimat yang kurang jelas dengan cara bertanya sama yang lebih paham, atau kalo tetep ga ngerti tapi kekeh pengen cari tau sendiri, baru deh set subtitle atau cari di kamus,
  4. Bagi kalian yang hobi dengerin musik, cara ampuh belajar bahasa asing juga bisa dilakukan dengan cara melatih pendengaran kita terhadap bahasa asing tersebut. Jadi, selain kita bisa menikmati mendengarkan musik yang kita sukai, juga bisa tuh sering mendengar bahasa asing yang pengen kita kuasai itu,
  5. Jangan malu melatih ucapan juga. Bahasa itu cepat dikuasai kalo kita juga terbiasa dengan pelafalannya. So, kalo dengerin musik yang berbahasa asing, gak ada salahnya jika kita ikut bernyanyi. Salah melafalkannya pun gak apa-apa yang penting lidah kita gak kaku dan kita pun telah mengerti arti atau tema lagu tersebut (dan jangan lupa tetap  kembali membuka kamus bila ada kata yang ga lo pahami dan bikin lo penasaran),
  6. Berusaha untuk ngobrol sama teman-teman yang pintar bahasa asing tersebut. Kalo perlu bantuin 'bule' yang cari alamat juga lumayan, kok. Salah pun gak apa-apa, namanya juga belajaaaaaaaar!!. Hehehe...,
  7. Kalo punya hobi menulis, sekali-sekali selipin kalimat bahasa asing di tulisan lo itu.
Nah, baru itu aja sih tips sukses belajar bahasa asing. Semoga bermanfaat bagi kita semua (dan gw sendiri pastinya hehehe). Jaa, minna san ganbarimashooou.

No comments:

Post a comment

Peralatan Tempur Wajib Dibawa Saat "New Normal" Akibat Corona

Corona atau covid-19 yang sudah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi telah membuat perubahan drastis terutama d...