Wednesday 28 February 2024

Para Blogger Pasti Paham, Berikut 5 Alasan Blog Pribadi Tak Kunjung Update

 “Kok blog kamu jarang update, emang udah enggak aktif lagi, ya?”

“Ngakunya blogger, tapi kok blog kamu malah jarang ter-update, sih?”

Sejatinya para blogger, entah yang memiliki blog berbayar maupun gratis, pastinya bakal merasa tertohok ketika mendapati hantaman komentar semacam itu. Padahal, tidak sedikit blogger yang langsung tersadar akan realita bahwa tidak hanya jarang melainkan merasa memang sempat menghilang tidak menulis konten di blog pribadinya hingga berbulan-bulan lamanya.

Lalu, apakah ada dampak positifnya? Tentu saja ada. Misalnya, blogger tersebut bisa langsung intropeksi diri secepatnya. Terlebih lagi, rutin menulis konten di blog merupakan impian terbesar oleh hampir seluruh blogger di dunia terutama jika menjadikan blognya sebagai akses atau sumber penghasilan utama. Walaupun demikian, sebenarnya ada beberapa alasan yang lumrah tapi tidak bisa disepelekan jika blog pribadi tak kunjung update untuk waktu yang cukup lama seperti yang akan dijabarkan berikut :  

1. Kurangnya Motivasi

Kurangnya motivasi merupakan salah satu faktor timbulnya rasa malas untuk melakukan suatu aktivitas termasuk menulis konten di blog. Hal yang sebenarnya dinilai tidak bertanggungjawab ini bisa jadi karena blogger yang terlalu sering menunda-nunda untuk menetapkan tujuannya dalam menulis konten sehingga blog tak kunjung dibuka alias terlupakan begitu saja.

2. Kehabisan Ide

Ada saatnya blogger kehabisan ide untuk melanjutkan tulisannya. Fenomena ini sangat populer disebut writer’s block. Kondisi ini sangat mungkin dialami bahkan bisa cukup berbahaya jika blogger tersebut sampai mengalami depresi dan kebingungan akut ketika menyadari menulis satu atau dua kata saja bisa membutuhkan waktu yang cukup lama.

Writer's Block (freepik.com/free-vector)

3. Kondisi Tubuh Tidak Fit

Jika blogger sudah mendapati tenaga berkurang karena sakit, istirahat adalah cara yang paling benar untuk dilakukan demi pemulihan yang lebih cepat. Rasanya percuma sekali memaksakan kehendak untuk menulis di blog tapi keadaannya sama sekali tidak memungkinkan untuk merangkaian kalimat-kalimat yang indah dan satu-kesatuan di blog. Sayangnya, banyak pula blogger yang berakhir terlalu nyaman beristirahat setelah sembuh sehingga blog malah kelamaan tak digubris lagi.

4. Menemukan Hobi Baru

Biasanya blogger mendadak lupa menulis konten lagi jika mendapati ada serangan hobi-hobi baru yang dapat mengalihkan dunianya sehingga merasa lebih menarik untuk dilakukan setiap hari selain melanjutkan komitmennya menulis di blog. Misalnya saja ketika menerima hasutan drama-drama Korea atau Cina terbaru yang membuatnya lebih memilih menontonnya secara maraton daripada menulis di blog. Ketika menerima ajakan olahraga demi menurunkan berat badan sehingga tanpa sadar lebih terpacu mencari jadwal dan mencari koleksi alat-alat olahraganya. Ketika ada beberapa sahabat yang memuji masakannya sehingga malah lebih senang mencari resep-resep makanan baru untuk dimasak setiap harinya, dan masih banyak lainnya.

5. Kesibukan Rutin

Biasanya sempitnya waktu luang karena aktivitas rutin yang tak bisa ditinggalkan menjadi penghambat blog bisa segera update. Misalnya saja, memiliki pekerjaan penuh waktu, mengurus kebutuhan anak-anaknya di rumah, dan hal penting lainnya yang tak bisa ditinggalkan untuk kepentingan tertentu.

Jadi, itulah 5 alasan yang mendasari blog pribadi jarang ter-update. Kira-kira ada hal lainnya yang  bisa menjadi alasan menunda menulis blog hingga jangka waktu yang lama?.

 

No comments:

Post a Comment

Para Blogger Pasti Paham, Berikut 5 Alasan Blog Pribadi Tak Kunjung Update

 “Kok blog kamu jarang update , emang udah enggak aktif lagi, ya?” “Ngakunya blogger, tapi kok blog kamu malah jarang ter- update , sih?” ...