Sunday 30 June 2024

Ingin Tubuh Tetap Fit? Lakukan 8 Olahraga Simpel Ini Tanpa Harus Keluar Rumah


Olahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga postur tubuh tetap proporsional serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu tetap sehat dan bugar. Buat kamu yang merasa kurang nyaman untuk berolahraga di lapangan terbuka, kamu juga bisa menyempatkan berolahraga di rumah saja. 

Kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk mengisi waktu luang maupun di sela-sela aktivitasmu. Dengan berolahraga di rumah, kamu juga bisa terhindar dari rasa bosan dan stres. Jika khawatir karena sebelumnya jarang berolahraga, kamu bisa memilih jenis olahraga untuk pemula yang tidak memerlukan perlengkapan yang ribet tapi tetap dapat menambah energi positif.

Berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah : 

1. Push-up

Salah satu latihan fisik yang tidak memerlukan alat olahraga yang mahal adalah push-up. Walaupun tergolong olahraga sederhana, push-up sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan otot dan sendi terutama di bagian lengan, menyehatkan jantung, serta melatih keseimbangan tubuhmu.

Push up. (freepik.com)


2. Sit-up

Kamu juga bisa melakukan sit-up tanpa bantuan alat olahraga. Diawali dengan posisi berbaring telentang, tekuk bagian lutut, selanjutnya angkat perlahan tubuhmu semampunya dengan posisi tangan bisa di belakang kepala, menyentuh telinga, atau disilangkan di mendekap dada. 

Jika kamu melakukan sit-up dengan benar, manfaat yang bisa kamu peroleh antara lain keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan yang paling utama adalah memperoleh otot perut yang rata.    

3. Angkat Beban

Kamu tidak perlu jadi binaraga untuk bisa angkat beban. Cukup memilih alat olahraga angkat beban yang disesuaikan kemampuanmu demi memperoleh otot tubuh yang kuat agar dapat meningkatkan kepercayaan diri. 

4. Lompat Tali

Hanya dengan bantuan jump rope, kamu bisa membakar kalori dengan sangat singkat. Lompat tali juga termasuk permainan tradisional anak-anak Indonesia yang hanya membutuhkan karet untuk menyimpulkannya menjadi sebuat tali lompatan. Manfaat lompat tali cukup banyak termasuk meningkatkan koordinasi tubuh, menyehatkan tulang, meningkatkan efisiensi pernapasan dan juga konsentrasi. 

5. Menari

Tarian juga membutuhkan gerakan-gerakan sebagai olahraga kardio. Olahraga ini sangat menyenangkan karena membutuhkan musik yang bisa meningkatkan suasana hatimu. Dengan menari, kau bisa memperoleh manfaat seperti meningkatkan fleksibilitas, menyehatkan jantung, melatih pernapasan, meningkatkan energi, dan sebagainya. 

Dance. (freepik.com)

6. Naik Turun Tangga

Manfaatkan saja tangga di rumah untuk berolahraga. Kamu cukup lakukan gerakan naik dan turun tangga berulang kali dengan waktu semaksimal dan semampu yang kamu bisa. 

7.  Yoga

Olahraga yang kian populer ini dipercaya bisa membantu kesehatan fisik maupun mental karena melibatkan meditasi dengan teknik pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh. Yoga bisa membuat tubuh selaras dengan emosi, jiwa, mental, dan spiritual.   

8. Senam 

Olahraga senam ada beragam jenisnya tapi tetap bisa dilakukan perorangan maupun berkelompok. Dengan mngikuti iringan musik yang disesuaikan dengan jenisnya, senam cukup melibatkan gerakan-gerakan yang membutuhkan kekuatan, keselarasan, dan keseimbangan tubuh. 

Nah, itulah beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah saja. 

Selamat berolahraga, ya.

 

No comments:

Post a Comment

Ingin Tubuh Tetap Fit? Lakukan 8 Olahraga Simpel Ini Tanpa Harus Keluar Rumah

Olahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga postur tubuh tetap proporsional serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar...